Si Kecil suka Es Krim? Coba Buat Resep Es Krim Sederhana Berikut ini

Siapa yang tidak suka makan es krim? Salah satu jenis dessert yang memiliki jutaan varian rasa ini adalah makanan yang bisa dinikmati kapanpun, pada musim apapun. Di musim panas yang terik, Mam bisa mendinginkan diri dengan melahap sesendok es krim dengan rasa kesukaan Mam. Di musim dingin yang sejuk, Mam bisa menambahkan sesauk es krim di atas pie hangat. Es krim juga dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang. Semangkuk besar es krim pasti berhasil menghibur seseorang yang sedang sedih. Oleh sebab itu, untuk menambah keceriaan di hari ini, yuk buat es krim vanilla sendiri! Mengapa vanilla? Because vanilla is the king of ice cream flavours.

Bahan-bahan:

  • ¾ cup gula putih
  • 1 cup krim kocok
  • 2 ¼ cup susu
  • 2 sdt ekstrak vanila

Cara membuat:

  1. Masukkan gula putih, krim kocok, dan susu ke dalam panci di atas api kecil, kemudian aduk sampai gula larut. Panaskan campuran ini sampai panas dan muncul seperti cincin kecil busa di sekitaran tepi panci.
  2. Tuangkan campuran ini ke dalam sebuah wadah besar, lalu masukkan ekstrak vanilla dan aduk hingga rata. Setelah tercampur, diamkan campuran tersebut ±2 jam (untuk hasil terbaik, diamkan semalaman).
  3. Setelah didiamkan, masukan campuran tadi ke dalam mesim pembuat es krim dan aduk selama 20-25 menit.
  4. Ketika es krim sudah bertekstur lembut dan mulai membeku, Mam bisa segera ambil dan nikmati. Atau, pindahkan es krim tersebut ke wadah lain terlebih dahulu kemudian masukkan ke Setelah menunggu 2 sampai 3 jam, ambil dari freezer dan selamat menikmati!

Jika, Mam tidak memiliki mesin pembuat es krim, Mam bisa tetap bisa membuat es krim dengan cara yang lebih sederhana. Terlebih dahulu, siapkan bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 L susu cair
  • 200 gr gula pasir
  • 15 gr tepung maizena
  • 4 butir kuning telur, kocok
  • 1 sdt ekstrak vanili

Untuk cara membuatnya, pertama-tama panaskan susu cair dan gula pasir sampai mendidih di atas api kecil sambil terus diaduk. Kemudian, ambil beberapa sendok cairan tersebut dan campurkan dengan tepung maizena dan kocokan telur.  Setelah itu, masukan kembali tepung maizena ke dalam susu cair dan gula pasir tadi. Aduk sampai sedikit kental dan matang, kemudian angkat. Setelah itu, tuang ekstrak vanili ke dalam campuran tadi. Terakhir, masukan campuran kuning telur ke dalam adonan susu es krim vanilla sedikit demi sedikit, sambil diaduk. Setelah tercampur rata, dinginkan adonan dan taruh dalam freezer. Jika permukaan atas sudah mulai beku, kocok adonan dengan mixer agar hasil es krim lebih lembut. Lakukan dua sampai tiga kali sampai adonan menjadi pekat dan masukan kembali ke dalam freezer. Setelah menunggu beberapa lama, es krim vanilla Mam sudah siap untuk disantap!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :