Suka Minuman Mojito? Yuk Mam, Coba Sendiri di Rumah!

 

Mungkin minuman yang satu ini belum seberapa akrab di masyarakat kita. Mojito merupakan minuman beralkohol khas daerah Kuba. Minuman ini tak hanya terdiri dari alkohol, tapi juga dicampur dengan mint. Kalau Mam ingin menikmati minuman ini tak perlu jauh-jauh pergi ke Kuba kok, Mam. Berikut resep mojito yang bisa Mam buat sendiri di rumah.

Bahan

  • 1-2 sendok teh gula (atau sesuai selera)
  • 8 lembar daun mint
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 30 ml krim kelapa
  • 88 ml rum putih
  • Air soda
  • Es batu

Cara membuat

  1. Peras jeruk nipis dan ambil sarinya.
  2. Siapkan gelas tinggi. Masukkan daun mint, sari jeruk nipis, dan krim kelapa.
  3. Aduk bahan-bahan tersebut sambil ditekan-tekan agar minyak asiri dari daun mint keluar. Minyak ini yang akan menghasilkan aroma mint pada mojito Mam.
  4. Perlu diperhatikan, jangan sampai daun mint ini robek karena bisa menyebabkan rasa pahit pada minuman. Jadi, tekan secara perlahan-lahan saja.
  5. Diamkan selama beberapa saat agar bahan-bahannya salam menyerap satu sama lain.
  6. Tuangkan rum putih lalu segera aduk. Jangan dibiarkan terlalu lama karena krim kelapa bisa mengendap.
  7. Tambahkan balok kecil es batu sesuai dengan selera.
  8. Tuangkan air soda sambil diaduk lalu nikmati selagi dingin.

Perlu diketahui Mam, krim kelapa tidak sama dengan santan kelapa. Kalau Mam menggunakan santan kelapa, maka mojito yang Mam buat juga tidak akan maksimal karena terlalu encer. Selain itu, krim kelapa rasanya juga lebih manis.

Mojito dengan Varian Buah

Kalau Mam ingin menambahkan buah pada mojito, bisa mencoba buah stroberi. Rasa asam dan sedikit manis dari buah stroberi sangat cocok untuk melengkapi minuman beralkohol. Ketika menambahkan buah stroberi, sebaiknya Mam tidak menyertakan krim kelapa karena rasanya akan aneh. Ketika menambahkan buah stroberi, sebaiknya lumatan terlebih dahulu agar lebih mudah diaduk. Jika Mam memakai buah stroberi atau buah lainnya yang cukup manis, maka pertimbangkan untuk mengurangi takaran gulanya.

Kunci yang terpenting dalam membuat mojito ini adalah pastikan agar daun mint tidak robek ketika Mam menekan semua bahan-bahan. Untuk itu, Mam perlu meletakkan daun mint di bagian bawah sendok agar tidak sampai menyentuh permukaan sendok atau pengaduk.

Mudah bukan membuat mojito sendiri di rumah? Mungkin untuk daun mint-nya tidak semudah didapatkan seperti bahan lainnya, tapi Mam bisa mencarinya di pasar swalayan yang besar. Mojito ini cocok dinikmati untuk melegakan dahaga ketika cuaca sedang terik. Sensasi daun mint-nya yang dingin akan menyegarkan tenggorokan Mam. Karena ini minuman beralkohol, sebaiknya Mam tidak terlalu banyak meminumnya ya karena kurang baik untuk kesehatan.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :