Yuk Bikin Pancake Sendiri di Rumah

Keutamaan sarapan terkadang masih sering diabaikan oleh para orang tua untuk anaknya. Terlebih lagi untuk para orang tua yang keduanya bekerja, Mam, apakah Anda salah satu dari tipe orang tua seperti itu? Kalau iya, segeralah mengubah kebiasaan tersebut dan mulailah mempersiapkan sarapan untuk si keci.

Menurut sebuah studi di Inggris terhadap 600 orang murid mengenai pengaruh sarapan dan performa si kecil di sekolah, hasilnya dibandingkan rekannya yang terbiasa menyantap sarapan, anak-anak yang tidak menyantap sarapan pagi lebih sulit berkonsentrasi, menanggapi, dan memiliki perhatian yang amat rendah terhadap pelajaran yang diterimanya di sekolah. Jika kondisinya sudah seperti ini, maka bisa mempengaruhi prestasi si kecil, lho!

Mam, mempersiapkan sarapan itu tidaklah sulit, ada banyak sekali menu sarapan yang praktis dan juga bergizi untuk mengawali hari-hari si kecil. Salah satunya adalah pancake, daripada bosan karena harus mengkonsumsi roti ataupun sereal, Mam bisa menjadikan pancake sebagai salah satu alternatif sarapan untuk si kecil. Berikut resepnya.

Pancake Selai Strawberry

Bahan:

  • 100 gr tepung terigu protein sedang
  • 200 ml susu cair
  • 1 butir telur ayam
  • 25 gr margarin, cairkan
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm baking powder
  • ΒΌ sdt garam
  • 150 gr appel manalagi, kupas dan iris tipis (optional)
  • 20 gr madu
  • Selai strawberry secukupnya
  • Minyak kelapa secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan terigu, gula pasir, garam, dan baking powder ke dalam wadah kering dan bersih
  2. Masukan telur di bagian tengah campuran dan lalu tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan pengocok telur sampai rata sehingga adonan tersebut tidak menggumpal
  3. Tuangkan margarin cair sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata dan lalu diamkan adonan selama 20 menit
  4. Siapkan papan datar Teflon di atas kompor dengan api sedang, setelah panas, tuangkan 1-2 sendok sayur adonan. Setelah itu diamkan hingga adonan pancake tersebut mengeluarkan gelembung kecil di permukaannya dan lalu balik. Tunggu hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan pada kedua sisi dan lalu angkat.
  5. Goreng potongan apel manalagi hingga layu, dan angkat kemudian lumuri dengan madu
  6. Ambil satu lembar pancake yang sudah jadi, oles permukaannya dengan selai strawberry dan susun potongan apel di atasnya dan tutupi bagian paling atas dengan pancake lainnya
  7. Pancake selai strawberry pun siap dihidangkan.

Nah, Mam, mudah, bukan? Selain menggunakan apel manalagi, Anda bisa berkreasi dengan menggantinya dengan buah-buahan lain seperti, pisang, mangga manis, potongan buah strawberry, dan buah lainnya. Selainya juga bisa diganti dengan olesan selai buah lainnya atau selai cokelat dan kacang. Kandungan gizi dari resep pancake di atas setara dengan 280,7 kkal, 9,3 gr lemak, 40,2 gr karbohidrat, dan juga 4,8 gr protein untuk lima porsi pancake. Bahan-bahan di atas juga mengandung unsur mineral seperti fosfor, vitamin A, Zat besi, dan kalsium.

Baca juga : 

Menikmati Seks Saat Hamil

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :