Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Dapur

Menghilangkan bau tidak sedap di dapur sangat penting dilakukan, sebab dapur adalah tempat dimana Mom biasa menyiapkan makanan untuk keluarga. Penyebab bau tidak sedap di dapur pun terjadi akibat sisa makanan, penyimpanan bumbu serta bahan makanan yang kurang tepat. Oleh karena itu, Mam harus pandai menyiasati dapur agar tetap bersih dan terhindar dari bau yang tidak sedap. Berikut ini merupakan beberapa tips menghilangkan bau tidak sedap di dapur yang dapat Mam lakukan.

Letakkan Arang di Sekitar Tempat Sampah

Umumnya, bau tidak sedap di dapur muncul dari tempat sampah. Tempat sampah merupakan wadah untuk membuang sisa makanan atau bumbu yang busuk di dapur. Mulai sekarang cobalah untuk meletakkan beberapa potong arang di sekitar tempat sampah. Namun, Mam tetap harus rajin membuang sampah agar tidak menimbulkan banyak kuman serta mendatangkan beragam penyakit bagi suami dan anak-anak tercinta.

Rebusan Kopi untuk Menghilangkan Bau Amis

Jika keluarga Mam adalah penikmat hidangan laut maka bau amis akan sering muncul di dapur. Selain mengurangi kenyamanan, bau amis juga mengundang lalat yang berbahaya jika hinggap di makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga Mam. Untuk mengatasi hal tersebut, Mam dapat merebus satu sendok bubuk kopi dengan segelas air putih. Aroma khas rebusan kopi tersebut akan membantu melenyapkan bau tidak sedap di dapur.

Tuangkan Baking Soda Pada Wastafel

Wastafel merupakan spot utama yang harus ada di dapur rumah untuk membersihkan peralatan memasak dan mencuci sayuran, ikan, dan buah-buahan yang akan dikonsumsi. Sayangnya, wastafel justru sering mengeluarkan bau tidak sedap yang memenuhi ruangan dapur. Mam tak perlu khawatir lagi, karena masalah tersebut dapat diatasi dengan menuangkan baking soda ke dalam pipa pembuangan wastafel lalu didiamkan selama minimal 1 jam. Kemudian bilas pipa dengan menggunakan air panas. Bau tidak sedap di dapur pun akan lenyap seketika.

Membersihkan Lemari Es Secara Rutin

Lemari es merupakan wadah penyimpanan bahan makanan yang terbilang efektif untuk membuat bahan makanan tidak mudah membusuk. Namun, banyaknya bahan makanan yang disimpan pada lemari es dapat menimbulkan bau tidak sedap di dapur. Sebaiknya Mam membersihkan lemari es secara rutin, minimal satu kali dalam seminggu untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

Menjaga Kebersihan Kompor

Sebagai alat masak utama di dapur, kompor harus dijaga kebersihannya. Biasakan untuk mengelap sisa-sia minyak, kuah makanan, atau noda yang menempel di atas permukaan kompor agar tidak menimbulkan bau di dapur. Pun demikian dengan perabot lainnya di dapur yang harus dijaga kebersihannya. Gunakan spon atau lap untuk membersihkan noda dan minyak pada perabot dapur. Jangan menggunakan spon atau lap yang sudah kotor untuk dipakai berulang-ulang sebab hal tersebut juga dapat menimbulkan bau tidak sedap di dapur.

 

Sudah tahu, kan, cara-cara efektif menghilangkan bau tidak sedap di dapur? Dengan demikian Mam dapat memasak lebih nyaman dan makanan yang dihidangkan untuk keluarga pun terjaga kebersihannya. Dapur yang bersih dan bebas bau dapat mengusir beragam penyakit berbahaya, loh, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :