5 Makanan Ini Tidak Perlu Masuk ke Kulkas

Bisa dibilang, kulkas adalah salah satu barang elektronik yang wajib ada di rumah. keberadaan kulkas ini sangat penting karena kita bisa menyimpan hampir semua makanan di dalamnya. Dengan kulkas, makanan menjadi tahan lama dan bisa disimpan untuk dinikmati lain kali. Sayuran, makanan siap saji, hidangan serta makanan instan bisa disimpan di dalam kulkas. Tak jarang kalau kulkas ini selalu penuh. Tapi tahukah Mam, tak semua makanan ternyata perlu dimasukkan ke dalam kulkas, lho! Seperti makanan ini contohnya.

Madu

Pada umumnya, madu dikemas dalam wadah dengan tutup yang kedap udara. Tutup ini akan menghindarkan madu dari kelembapan. Dengan begitu, Mam tidak perlu memasukkannya ke kulkas. Jika Mam memasukkannya ke kulkas, justru akan mempercepat proses kristalisasi. Adanya kristal-kristal yang terbentuk pada madu tidak mengindikasikan kalau madu tersebut sudah tidak layak konsumsi. Mam masih tetap bisa memakainya setelah mencelupkan madu ke dalam air panas beserta wadahnya.

Nutella

Makanan lainnya yang tidak perlu masuk kulkas adalah Nutella. Kemasan Nutella dibentuk sedemikian rupa sehingga jauh dari kelembapan dan kotoran. Nutella memiliki tekstur yang lembut dan juga halus. Jika Mam memasukkannya ke dalam kulkas, justru akan menghancurkan tekstur ini. Nutella akan mengeras sehingga tidak bisa digunakan. Jadi, cukup letakkan saja di meja makan, jangan di ruangan yang terlalu panas karena bisa membuatnya meleleh.

Biji Kopi

Struktur sel pada biji kopi mampu mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan ketika diseduh. Perubahan suhu dapat mendorong proses kondensasi pada biji kopi. Menyimpan biji kopi di kulkas akan menyebabkan hal itu karena suhu dingin yang dihasilkan. akibatnya, kandungan minyak pada kopi akan berkurang dan hal ini berdampak pada aroma serta rasa yang dihasilkan. sebaiknya simpan biji kopi pada wadah yang kedap udara dan di ruangan yang jauh dari cahaya.

Peanut Butter

Peanut butter banyak disukai karena butter yang satu ini sangat lezat untuk dinikmati bersama dengan roti. Kandungan air pada peanut butter tidak begitu banyak sehingga Mam tidak perlu memasukkannya ke dalam kulkas agar tetap awet. Peanut butter yang sudah dibuka akan Bertha sekitar 3 bulanan tanpa dimasukkan ke dalam kulkas. Tapi ingat, suhu ruangan tempat Mam meletakkannya juga harus normal, tidak terlalu lembap.

Vegimate

Vegimate merupakan selai produk Australia. Rasanya yang unik membuat selai ini tak hanya disukai di sana, tapi juga di Indonesia. Selai Vegimate dibuat dari ragi dan Mam tidak perlu memasukkannya ke kulkas agar tetap awet. Setelah membuka kemasan dan memakainya, Mam tinggal menutupnya kembali dan simpan di lemari makanan. Vegitimate akan tetap awet sampai tiba tanggal kadaluarsanya.

Jika makanan-makanan di atas ternyata selama ini ada di kulkas, segera keluarkan saja Mam sehingga space nya bisa digunakan untuk yang lainnya. Bahkan beberapa makanan di atas jika dimasukkan ke dalam kulkas justru akan mengurangi daya tahannya.

 

Baca Juga: 

Libatkan Balita Untuk Merencanakan Liburan

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :