5 Tips Memasak dengan Sedikit Gula

Gula memang menjadi salah satu bumbu masakan yang paling penting agar Mam bisa menghasilkan masakan yang lezat. Tapi Mam tentu sudah tahu kalau mengkonsumsi gula terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda dan mampu meningkatkan risiko penyakit diabetes, benar? Nah, Mam, tenang saja, berikut ada beberapa tips memasak dengan menggunakan sedikit gula tetapi tanpa perlu khawatir kehilangan kelezatan dari masakan itu sendiri.

Mengutip halaman rodalewellness.com, seorang executive chef dan pengarang buku the Sweet Life: Diabetes Without Boundaries Sam Talbot membagikan beberapa trik favorit yang dilakukan untuk mengurangi gula tanpa harus mengurangi rasa lezatnya di bawah ini.

Gunakan Truvia

Cara pertama yang bisa Mam lakukan untuk mengurangi penggunaan gula dalam masakan adalah menggantinya dengan Truvia atau pemanis alami yang tidak berkalori terbuat dari daun Stevia. Khusus untuk penderita diabetes, kadar gula yang diterima mungkin sama saja tetapi bagi orang lain penggunaan truvia ini bisa menjadi alternatif cara untuk mengurangi kalori dari makanan. Satu sendok truvia memiliki rasa manis yang setara dengan 2 sendok teh gula.

Menggunakan rempah-rempah

Ketika Anda ingin membuat makanan tradisional, Mam bisa menyiasatinya dengan mengganti penggunaan gula menjadi bumbu-bumbu  gurih seperti pala, kayu manis, cengkeh, dan juga bumbu lainnya, Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, menggunakan kombinasi bumbu rempah juga bisa membuat hidangan Anda memiliki rasa yang kaya.

Coba Fruit puree

 Fruit puree merupakan salah satu pengganti gula terbaik untuk makanan pencuci mulut Anda, bumbu-bumbuan, dressing, dan juga saus. Gula alami yang terdapat dalam kandungan buah dapat menambahkan rasa manis ke segala hidangan tanpa harus takut mengacaukan tekstur rasa yang sudah ada. Anda bisa mencoba menggunakan buah strawberry, pear, peach yang memiliki kandungan serat tinggi yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Menambahkan Honeycomb

Madu sudah dikenal sebagai pemanis alami yang sangat baik untuk kesehatan, pernahkah Anda mencoba untuk menambahkan madu ke dalam hidangan Anda? Mam pada makanan tertentu, Anda bisa menggunakan madu sebagai  topping atau pemanis di piring hidangan Anda.

Bonus : Perbanyak Konsumsi Makanan Mentah

Manfaat yang ditawarkan oleh makanan mentah seperti sayur dan buah-buahan memang tidak bisa diremehkan. Khusus untuk Anda yang sedang ingin mengurangi gula dalam hidangan atau masakan Anda, sebaiknya Anda memperbanyak tambahan sayur dan juga buah. Makanan mentah tidak membutuhkan proses yang begitu panjang untuk dikonsumsi, sedangkan kalau makanan yang diolah tentu membutuhkan penambahan gula, garam, dan juga lainnya. Sayur dan buah mentah sudah memiliki kandungan nutrisi dan juga rasa manis yang alami, belum lagi memiliki serat dan vitamin yang tinggi pula.

Mam, itulah beberapa cara untuk mengurangi penggunaan gula ketika Anda memasak. Tertarik untuk mencobanya?

 

Baca juga:

Teliti Dalam Memilih Botol Susu Yang Aman Untuk Bayi

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :