7 Makanan Untuk Hati Yang Sehat

Memiliki hati yang sehat merupakan hal yang sangat penting bagi mam. Sebagai organ terbesar kedua dalam tubuh, hati memiliki peran penting sebagai kunci dalam sistem pencernaan tubuh. Hati berfungsi melawan infeksi, menghilangkan racun, mengatur gula darah, mengendalikan kolesterol, hingga melepaskan empedu agar pencernaan mam terbantu secara maksimal.

Mengingat fungsi penting hati, mam tentu harus hati-hati dalam memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi. Karena makanan yang sehat akan membantu hati menjadi sehat pula. Nah, berikut 7 makanan untuk hati yang sehat yang perlu mam ketahui!

Sayuran hijau

Makanan pertama yang harus banyak mam konsumsi untuk menjaga hati tetap sehat adalah sayur-sayuran hijau. Sayuran hijau kaya akan sulfur yang diketahui memiliki kemampuan mendetoksifikasi hati. Beberapa jenis sayuran hijau yang dapat mam konsumsi diantaranya adalah kale, burssels sprouts, dan kol yang dapat dimasak dengan mudah.

Selain itu, mam juga bisa mengonsumsi dandelion yang masuk dalam kelompok sayuran hijau yang baik untuk hati. Sayuran ini merupakan salah satu sayuran hijau yang paling efektif dan sangat direkomendasikan untuk mam yang ingin memiliki hati yang sehat. Dandelion tidak hanya dapat melakukan detoksifikasi hati, namun juga menstimulasi produksi empedu hati serta kandung empedu untuk membantu pencernaan dan penyerapan lemak secara maksimal.

Sayuran jenis cruciferous

Sayuran berjenis cruciferous mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan hati, mulai dari vitamin A, C dan K. Kandungan kalsium dan antioksidan dalam jenis sayuran seperti bayam dan selada ini juga dipercaya dapat membantu membilas karsinogen dan mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit hati. Bayam d

Bawang putih

Tidak hanya sayur-sayuran hijau saja yang kaya akan sulfur, bawang putih juga mengandung zat kimia yang sama. Kandungan sulfur pada bawang putih mempunyai efek anti peradangan dan baik bagi tubuh. Mam dapat mengonsumsi bawang putih sebagai alternatif untuk mendapat asupan sulfur yang mencukupi bagi tubuh.

Selain bawang putih, mam juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung sulfur lainnya seperti bawang bombay, bawang merah, dan bawang perai. Beberapa jenis makanan lain seperti telur, artichoke, hingga jamur yang terkenal sehat seperti maitake, shiitake, dan reishi juga baik untuk dikonsumsi bagi hati yang sehat.

Buah-buahan

Mengonsumsi buah memang sudah pasti baik bagi kesehatan tubuh, terutama hati. Buah-buahan seperti stroberi, raspberi, dan cranberi bisa mam pilih untuk dikonsumsi bagi kesehatan hati. Jenis buah ini diketahui mengandung anthocyanin dan polyphenols yang berfungsi menghambat perkembangan sel kanker di hati. Kandungan antioksidannya juga memiliki berbagai manfaat lain seperti mengurangi jerawat, rasa sakit, hingga penuaan.

Teh hijau

Mam sebaiknya juga mulai mengonsumsi teh hijau jika ingin memiliki hati yang sehat. Kandungan katekin dalam teh hijau sangat baik dalam membantu mengurangi kanker hati, steatosis, dan dansirosis. Jika mam mengonsumsi dua hingga tiga cangkir the hijau setiap hari, maka mam dapat mengurangi enzim hati yang berkaitan dengan penyakit hati berlemak non-alkohol.

Makanan fermentasi

Apakah mam salah satu penyuka makanan fermentasi? Jika iya, maka mam harus perbanyak mengonsumsinya. Makanan fermentasi seperti acar, sup miso, hingga kimchi diketahui mampu menambahkan mikro organisme dalam perut sehingga membantu pencernaan. Senyawa kimia yang terkandung dalam makanan fermetasinya juga sudah dipecah sehingga lebih mudah dicerna bagi mam yang mungkin sudah mengalami penyakit hati.

Air

Untuk menjaga hati tetap sehat, mam juga harus perbanyak konsumsi air. Mam harus terus memastikan bahwa kadar air dalam tubuh tercukupi untuk menjaga hati dalam keadaan tetap sehat. Proses pengeluaran racun dari dalam tubuh adalah melalui air, seperti air seni dan keringat. Oleh karena itu, sangat penting bagi mam untuk mengonsumsi air setidaknya 3 liter setiap hari untuk membantu kerja dan kesehatan hati.

Konsumsilah beberapa jenis makanan di atas untuk menjaga hati mam tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :