Cara Makan Cokelat Agar Mam Tetap Sehat

Mam, tahukah Anda kalau sebenarnya cokelat itu memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh? Nah, kalau belum mungkin ini akan menjadi sebuah kabar baik untuk Mam yang pecinta cokelat dan rela melakukan apa saja untuk mendapatkan camilan yang manis dan bisa mengembalikan mood Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan kalau orang yang suka cokelat cenderung lebih aktif secara fisiknya dibandingkan yang tidak suka cokelat. Tapi, sebelum Anda kehilangan kontrol untuk makan cokelat, perhatikan dulu beberapa cara di bawah ini agar tubuh Anda tetap sehat.

Pilih Cokelat Hitam yang Berkualitas

Mam, kalau Anda memang ingin tetap bisa makan cokelat tapi tidak mau merusak diet atau mengganggu kesehatan Anda, cobalah untuk memilih cokelat hitam saja. Kandungan polifenol yang ada di dalam cokelat hitam dikatakan mampu untuk menurunkan berat badan Anda.

Bahkan menurut Margaret Hays atau seorang ahli diet dan ahli gizi dari Australia mengatakan kalau Anda juga harus memilih cokelat hitam yang berkualitas dengan presentasi kakao minimal 70% atau lebih. Kandungan cacao yang tinggi juga berarti semakin rendah pula kandungan gula yang ada di dalamnya dan hal itu baik untuk mencegah obesitas dan juga kesehatan tubuh lainnya.

Menjadikan Cokelat Hitam sebagai Camilan

Khusus untuk Anda yang masih sulit sekali mengontrol kebiasaan ngemil, Anda bisa menyiasatinya dengan cara mengganti camilanmu menjadi cokelat hitam. Mengganti camilan Anda dengan cokelat bukan berarti Anda bisa menikmati cokelat sepuasnya,ya Mam.

Masih diperlukan pula pembatasan jumlah konsumsinya, sebaiknya Anda hanya memakan 2 bar coklat hitam saat sedang ngemil. Perlu Anda ketahui pula kalau cokelat hitam juga memiliki kemampuan untuk membantu Anda mencegah adanya kolesterol di dalam tubuh dan juga mengurangi risiko serangan jantung.

Sebaiknya Atur Pula Waktu Makan Cokelatnya

Ketika Anda sedang menjalankan pola hidup sehat, tapi tetap ingin memasukan menu cokelat ke dalam diet Anda sebaiknya Anda menentukan waktu untuk memakan cokelatnya. Mengingat melakukan segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, Anda bisa mulai mencoba untuk mengatur waktu untuk memakan cokelat. Misalnya sebagai contoh, Anda bisa memakan coklat ketika sebelum makan siang dan juga malam saja atau sebaliknya.

Ketika Anda mengkonsumsi cokelat sebelum makan malam, nyatanya bisa membuat nafsu makan Anda berkurang menjadi 50% atau ketika menyantap cokelat ketika sarapan, maka Anda pun akan merasa lebih kenyang lebih lama.

Kunyah Cokelat secara Perlahan

Mam, tahukah Anda kalau cara mengunyah makanan itu juga memegang peran penting dalam kesehatan tubuh Anda? Itulah mengapa kita sering mendengar kalau makanan itu harus dikunyah sebanyak 32 kali agar mudah untuk dicerna dan juga diserap oleh tubuh. Meskipun belum diketahui secara pasti berapa kali kita harus menguyah, tapi secara logika semakin lama makanan dikunyah maka semakin mudah pula makanan tersebut untuk diserap oleh tubuh.

Dalam urusan memakan cokelat, Mam disarankan pula untuk mengunyah cokelat tersebut secara perlahan. Mengapa? Karena dengan mengunyah secara perlahan maka Anda pun akan dibuat lebih cepat kenyang dan mempermudah tubuh Anda untuk menyerap nutrisi yang terkandung di dalam cokelat tersebut.

Nah, Mam, itulah beberapa cara memakan cokelat agar tubuh Anda tetap sehat. Selain dapat membantu pola diet Anda, cokelat hitam juga diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, meningkatkan memori, dan mengandung mineral penting seperti magnesium, besi, riboflavin, tembaga, dan juga magan yang mampu membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

Baca juga: 

Menciptakan Kerukunan Antara Menantu dan Mertua

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :