Hindari Kesalahan Ini Saat Memberikan Icing Pada Kue

Membuat kukis dengan icing bisa jadi hal yang menyenangkan untuk Mam. Icing yang digunakan bisa membuat sebuah kue menjadi lebih berwarna. Tetapi jangan sampai mam melakukan lima kesalahan umum saat memberikan icing pada kukis berikut ini ya!

Bahan Kukis Tidak Sesuai

Tak semua kukis bisa didekor dengan icing, beberapa jenis akan terlalu lembek dan beberapa jenis bisa memberikan tekstur yang terbaik. Kukis dengan bahan keras bisa menjadi pilihan yang baik dan kukis berbahan lunak tak akan bisa menahan icing yang terlalu banyak.

Agar tidak salah membuat, Mam bisa mencoba satu kukis terlebih dahulu untuk di tes apakah kuat atau tidak. Kue dengan permukaan datar juga bisa menjadi penunjang icing yang baik.

Tidak Menunggu Kukis untuk Dingin Seluruhnya Sebelum Diberi Icing

Kukis yang masih hangat (meski keras) tidak akan cocok untuk icing. Pasalnya, icing yang akan Mam berikan pada kukis akan meleleh ketika kukis masih hangat.

Mam sebaiknya tak mempercepat proses pendinginan kukis karena bisa merusak teksturnya. Agar aman, Mam tidak boleh menyelesaikan kukis hari itu juga, luangkan waktu satu hari untuk membuat kukis dan esok harinya untuk menambahkan icing.

Tidak Memberikan Batas di Pinggir Kukis Sebelum Mengisinya dengan Icing

Saat memberikan icing pada kukis, sebaiknya Mam membuat batas dengan cara memberikan icing pada seluruh pinggir kue terlebih dahulu. Setelahnya, biarkan agak kering. Hal ini dapat membuat icing untuk meluber ke mana-mana. Sehingga proses membuat kue pun makin mudah.

Bila Mam ingin melakukan icing dengan dua warna, sebaiknya Mam lebih berhati-hati dalam membuatnya agar kedua warna tak bercampur menjadi satu.

Tidak Menggunakan Icing yang Kental

Periksa dulu kekentalan icing yang akan Mam gunakan karena icing yang encer tak akan bisa menempel dengan baik di kukis. Icing dengan kekentalan yang pas cirinya tidak terlalu mudah dikeluarkan, dan ketika berada di atas kukis ia terbentuk dengan sempurna.

Tidak Memberikan Icing Waktu yang Cukup untuk Mengering

Meski terlihat sudah kering namun Mam tak sebaiknya bermain-main dengan waktu ketika memberikan icing. Umumnya, icing akan kering dengan sempurna setelah 24 jam alias satu hari lamanya.

Karena itulah, Mam tak sebaiknya terburu-buru ketika membuat kue dengan icing agar terhindar dari ragam kesalahan berikut ini ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :