Manfaat Mengonsumsi Hewani dan Nabati

Mengkonsumsi protein memang sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menjaga kesehatan sel jaringan yang ada di dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga keseimbangan hormon. Sumber protein terbagi menjadi dua, yakni protein hewani dan nabati. Tapi, kira-kira apa perbedaan dari kedua sumber protein ini,ya? Berikut penjelasannya.

Protein Hewani

Mam, sekitar 20% dari tubuh manusia itu dibentuk oleh protein, tidak heran kalau protein menjadi salah satu kandungan makanan yang harus dipenuhi oleh tubuh agar terhindar dari penyakit. Meskipun sama-sama protein, faktanya kandungan asam amino yang ada di dalam protein hewani memilki kandungan lebih baik daripada yang berasal dari protein nabati.

  • Protein hewani Memiliki Asam Amino Esensial

Mengutip halaman hellosehat.com, tubuh kita memang sudah memproduksi sendiri asam amino, tapi yang dihasilkan oleh tubuh merupakan asam amino non esensial, sedangkan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh merupakan asam amino yang didapatkan dari makanan yang mengandung protein. Asam amino yang ada di dalam protein hewani merupakan asam amino esensial yang lengkap. Oleh karena itu protein hewan menjadi salah satu sumber asam amino yang baik untuk tubuh.

  • Protein Hewani Mengandung Vitamin dan Mineral Lebih Banyak

Tidak hanya mengandung asam emino esensial, protein hewani juga mengandung berbagai kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan lebih banyak daripada protein hewani. Mulai dari vitamin B12, Vitamin D, DHA(docosahexaenoic acid),  zat besi jenis heme, dan juga zinc. Setiap kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam protein hewani semuanya menawarkan manfaat yang baik untuk tubuh. Mulai dari baik unuk perkembangan otak, menjaga sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan dalam tubuh.

Protein Nabati

  • Protein Nabati merupakan Protein yang Berkualitas Tinggi

Protein nabati juga mengandung berbagai nutrisi yang tidak kalah lengkap dengan protein hewani, mulai dari karbohidrat kompleks, serat, vitamin, mineral, dan zat bergizi lainnya. Sehingga dengan mengkonsumsi protein nabati, Mam akan membantu diri Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengutip halaman sahabatnestle.co.id, Dr. T. Coling Campbell yang merupakan dosen biokimia dari Universitas Cornell di Amerika Serikat mengatakan kalau protein nabati merupakan protein yang memiliki kualitas tinggi. Ketika Anda mengkonsumsi protein nabati, maka secara otomatis Anda pun menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

  • Protein Nabati Membantu Mengurangi Detox dalam Tubuh

Protein nabati dikenal lebih sehat dibandingkan dengan protein hewani karena protein ini bisa membantu tubuh dalam memerangi keasaman dalam makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sebagai detox.

Lalu Mana yang Lebih Baik Protein Hewani atau Nabati?

Mam, mungkin sekarang sudah muncul pertanyaan di benak Anda, lalu manakah yang lebih baik ? jawabannya sederhana, yakni dua-duanya sama baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah lemak yang tinggi pada protein tersebut. Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah untuk menjaga jumlah kedua protein tersebut seimbang dan membuat tubuh Anda terjaga sehatnya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :