Masak Kue? Perhatikan hal Ini

Mau membuat kue tapi takut salah dan gagal? Yuk, ikuti ragam tips masak kue berikut ini, Mam!

Latihan dengan Resep Termudah

Jangan terburu menggunakan resep-resep yang susah. Mam harus melatih diri dengan resep yang simpel terlebih dahulu. Ini dilakukan agar Mam terbiasa dengan step by step pembuatan kue.

Berlatih dengan resep yang susah bersama risiko kegagalan tinggi hanya akan membuang waktu dan uang. Gagal tidak masalah, tetapi bila biaya dan waktu dipertaruhkan sepertinya jangan risiko ya, Mam!

Takar Tepung dengan Benar

Tips ini adalah tips yang selalu dikemukakan di banyak buku masak. Menambahkan terlalu banyak tepung bisa membuat kue Mam atos dan kering, bila kurang, kue tak akan mengembang dengan cantik.

Setelah menggabungkan tepung dalam adonan, Mam tak sebaiknya terus mengocoknya hingga terlalu encer. Cukup kocok hingga tepung tercampur dengan sempurna.

Dinginkan Adonan Sebelum Dimasukkan ke Dalam Panggangan

Mendinginkan adonan bisa menjadikan proses pembuatan kue lebih mudah. Adonan yang dingin justru lebih mudah dibentuk daripada yang masih hangat. Adonan dingin pun terbukti memberikan rasa yang lebih lezat daripada yang tidak.

Gunakan Termometer

Yang dimaksudkan di sini bukan termometer sembarangan, tetapi termometer khusus masak. Bisa Mam beli di toko kue terdekat.

Termometer ini berguna untuk mengukur suhu kue. Pasalnya, terlalu panas kan membuat isinya menjadi terlalu mengembang bahkan menjadi kering, terlalu dingin akan membuatnya menjadi lembek dan tak mengembang.

Bekukan Adonan

Membekukan adonan di sini berarti menyiapkan adonan sebelum waktunya membuat kue. Tak hanya bisa membuat Mam menghemat waktu pembuatan, tetapi juga adonan yang sudah benar-benar mendingin bisa membuat kue menjadi lebih lezat.

Buat adonan sehari sebelum Mam membuat kue, simpan dalam ice box atau lemari es dengan bentuk bulat atau lonjong dan bungkus dengan food wrap.

Gunakan Bahan-bahan Segar

Menggunakan bahan segar untuk membuat kue bisa menjadi salah satu kunci agar kue yang Mam buat jadi sempurna.

Sebaiknya, beli bahan-bahan segar di toko yang Mam percaya, bahkan untuk urusan tepung, Mam harus cek tanggal kedaluarsa dan produksi. Semakin baru tanggal produksinya maka semakin baik.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :