Usir Semut dengan Bahan-Bahan Dapur Berikut Ini

Semut merupakan salah satu serangga yang aktif menghuni dapur dan siap mengerubungi masakan Mam, terutama yang memiliki rasa dan aroma manis. Akibatnya, sering kali Mam terpaksa membuang makanan tertentu karena banyaknya semut yang mengerubungi. Tidak perlu buru-buru membeli produk pembasmi semut, Mam. Ternyata ada beberapa bahan dapur yang dapat dimanfaatkan untuk membasmi serangga satu ini.

Cabai Rawit

Tidak hanya manusia, ternyata semut juga bisa tidak suka dengan cabai rawit. Jadi, selain diolah menjadi sambal, cabai rawit dapat berfungsi sebagai pengusir semut. Misalnya, Mam ingin mengusir semut dari gula atau bahan makanan manis lain, langsung saja letakkan bubuk cabai rawit di dekat wadah gula tersebut. Semut-semut dijamin tidak akan berani mendekat. 

Kayu Manis

Umumnya, semut suka dengan bahan makanan yang memiliki rasa manis, ya, Mam? Namun, siapa sangka bahwa ternyata semut tidak suka dengan bau menyengat dari kayu manis? Apabila hendak mengusir semut dari gula, Mam bisa meletakkan satu batang kayu manis di dalam toples gula. Sebagai alternatif lain, Mam juga bisa menaburkan bubuk kayu manis pada tempat-tempat yang sering didatangi semut.

Lada

Di luar negeri, orang-orang menggunakan semprotan lada untuk melindungi diri mereka dari potensi kejahatan. Mam bisa memanfaatkan semprotan lada tersebut untuk membasmi semut. Campurkan saja lada yang telah dihaluskan dengan air panas secukupnya. Setelah dikocok hingga merata, masukkan pada wadah tertentu dan semprotkan ke area-area yang dihuni semut.

Cuka

Cuka dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang mampu menghilangkan noda-noda tertentu. Nah, cuka memiliki kegunaan tambahan lagi Mam, yakni mengusir semut. Caranya mudah sekali, Mam cukup mencampur cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Setelah dimasukkan pada wadah tertentu, Mam bisa langsung menyemprotkan campuran tersebut pada bagian-bagian yang sering didatangi semut atau melingkar di sisi-sisi makanan.

Mentimun

Biasanya, mentimun dikonsumsi sebagai salah satu lalapan. Ternyata, mentimun juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Mam bisa meletakkan potongan mentimun pada sarang semut agar mereka pergi. Sebagai alternatif lain, Mam juga bisa memblender mentimun lalu menyebarkannya di sepanjang jalur lalu lalang semut agar mereka tidak berkeliaran lagi.

 

Itulah beberapa bahan dapur yang dapat Mam manfaatkan untuk mengusir semut. Tidak perlu membeli obat pembasmi serangga deh, Mam. Lagipula, bahaya juga jika bahan kimia dalam obat tersebut tercampur dengan makanan. Selamat mencoba, Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :