Bagaimana Cara Menambah Daya Ingat

Semakin bertambahnya usia, semakin berkurangnya pula kemampuan otak untuk mengingat sesuatu. Itulah mengapa banyak ditemukan kasus pikun pada orang-orang yang berusia lanjut. Meskipun begitu, tidak sedikit pula orang yang masih berusia muda namun sudah memiliki kemampuan mengingat yang kurang baik karena jarang dilatih dan terbiasa dengan segala sesuatu yang instan serta mudah. Apakah Anda salah satu dari mereka? Mam, Anda tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat agar terhindar dari pikun.

Latihan Fisik dan Tidur yang Nyenyak

Berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit setiap hari bisa membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran hormone kortisol yang membunuh sel-sel otak. Tidak hanya itu, olahraga yang cukup juga bisa membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Memiliki kualitas tidur yang baik juga kelak akan membantu mengoptimalkan fungsi otak Anda, termasuk daya ingat Anda.

Anda juga bisa memilih latihan aerobic untuk meningkatkan suplai darah ke otak sehingga bisa memasok lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk meningkatkan fungsi otak.

Melatih Kemampuan Otak Anda dengan Permainan

Mam, kemajuan teknologi yang sangat pesat memang bisa membuat diri Anda malas karena semua tersedia dan bisa digunakan secara instan. Tetapi bukan berarti Anda tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan daya ingat otak Anda. Mulai lengkapi gadget Anda dengan permainan yang mampu meningkatkan kemampuan intelektual Anda sekaligus juga berperan untuk hubungan sosial yang lebih baik.

Jika Anda tidak ingin bermain game melalui gadget, Anda juga bisa memilih permainan seperti backgammon, catur, teka-teki, dan masih banyak permainan papan lainnya. Tidak hanya menghibur, permainan tersebut juga bisa membantu meningkatkan daya ingat dan juga hubungan sosial Anda dengan lingkungan sekitar.

Perbanyak Tertawa

Ketika Anda sedang stress, kadar hormon stress kortisol akan meningkat yang akhirnya merusak neuron pada otak dan menggagu kemampuan Anda untuk mempelajari dan mengingat sesuatu. Oleh karena itu, Anda mungkin tanpa disadari sering melupakan hal-hal kecil seperti kunci rumah, dompet, dan lainnya ketika Anda sedang mengalami stress.

Nah, Mam, daripada hal tersebut semakin buruk ada baiknya Anda meluangkan waktu setidaknya 20 menit untuk menonton video lucu dan tertawa cukup untuk meningkatkan kembali memori jangka pendek Anda, itulah apa yang ditemukan oleh para peneliti dunia dikutip dari halaman newidea.com.

Meluangkan Waktu Bersama Keluarga

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Semakin sosial Anda maka semakin baik untuk otak Anda. Mengisolasi diri hanya akan merusak berbagai sistem dalam tubuh Anda. Sebuah penelitian juga sudah menunjukkan bahwa otak dan jantung memiliki banyak keuntungan dari hubungan keluarga dan sosial yang baik.

Mengutip halaman newidea.com, Amanda Barnier atau seorang Profesor Ilmu Kognitif di Universitas Macquarie pernah meneliti bagaimana pasangan, keluarga, dan kelompok masyarakat yang mengingat kejadian masa lalu mengatakan kalau mengorganisir makan siang keluarga secara teratur adalah cara terbaik untuk menghindari beberapa faktor risiko demensia, seperti isolasi sosial dan kurangnya interaksi.

Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Mam, apa yang Anda konsumsi setiap hari sangat mempengaruhi kinerja dan juga kondisi daya ingat Anda dalam jangka panjang. Survei dalam beberapa dekade terakhir telah menunjukkan kalau makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengatur daya ingat. Oleh karena itu Anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf. Makanan tersebut antara lain sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada, kembang kol, berbagai macam berry, kacang, dan ikan.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat. Tidak hanya usia, tetapi banyak hal yang bisa menjadi penyebab mengapa daya ingat Anda berkurang, mulai dari kurangnya tidur, depresi, konsumsi alkohol, dan juga obat-obatan. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari beberapa hal seperti itu sejak dini.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :