Membangun Keluarga yang Senang Membaca

Membaca buku memiliki banyak manfaat, tak hanya untuk kecepatan membaca, tetapi juga untuk wawasan dan pemahaman seseorang akan dunia. Tetapi di tengah era gadget seperti ini, bagaimana caranya membangun keluarga yang gemar membaca buku ya Mam?

Jangan Ragu untuk Membeli Buku

Yap, Mam tak boleh ragu untuk membeli buku. Masih ada yang berpikir bahwa “lebih baik beli makan daripada beli buku” padahal kebutuhan pokok sudah tercukupi. Sebaiknya buang jauh pola pikir seperti itu bila Mam ingin keluarga gemar membaca.

Jangan takut bila keluarga tidak suka akan buku yang akan Mam beli, karena daripada terus takut sebaiknya dicoba, bukan?

Berikan Ragam Pilihan Pada Keluarga

Mam juga sebaiknya memberikan ragam genre pada keluarga, tak hanya genre yang itu-itu saja. Pasalnya, berbagai macam pilihan genre bisa mengekplorasi kegemaran seseorang akan membaca. Bila sudah bosan dengan genre yang ini, keluarga bisa beralih ke genre yang lain.

Selain itu, beragam genre juga memiliki cara penulisan berbeda-beda. Membuat seseorang bisa semakin kaya perbendaharaan katanya dan juga pengetahuannya.

Terapkan Wajib Baca Tiap Hari

Bila satu buku dengan beratus-ratus –bahkan ribuan—halaman dirasa terlalu berat, Mam bisa menerapkan sistem wajib baca tiap hari di rumah.

Wajib baca ini tak harus yang berpuluh-puluh halaman, bisa dimulai dari lima atau sepuluh halaman terlebih dahulu. Bila keluarga sudah terbiasa untuk melakukannya, lama-lama dalam sehari mereka bisa menambah jumlah halaman yang dibaca dengan sendirinya kok, Mam!

Membaca Buku yang Sama Bersama-sama Bisa Menjadi Solusi

Agar makin seru, Mam bisa membaca buku yang sama dengan keluarga. Tak harus membeli lebih dari satu, Mam dan keluarga bisa bergantian membacanya.

Membaca buku yang sama bisa membuat kegiatan membaca buku makin seru karena semua anggota keluarga tahu apa yang sedang dibicarakan.

Sebenarnya tak susah untuk membuat keluarga Mam suka membaca, selama Mam tidak memaksakannya dan membiarkan masing-masing anggota keluarga meluangkan sendiri waktunya untuk sebuah buku. Selamat dicoba ya, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :