3 Cara Bill Gates Mendidik Anak

Setiap orang sukses biasanya memiliki anak yang sama suksesnya atau bahkan lebih dari mereka. Hal ini tentunya juga disebabkan oleh hal-hal yang mereka ajarkan kepada buah hati. Bill Gates adalah salah satu orang yang dianggap memiliki anak sukses di bidangnya, apa yang diajarkannya pada buah hati?

Batasi Gawai

Meskipun dirinya adalah otak di balik Microsoft, tetapi bukan berarti Bill Gates membuat anaknya kecanduan teknologi. Dirinya justru membuat anaknya hidup dengan kehidupan yang hampir bebas gawai.

Bill Gates membatasi waktu penggunaan gawai bagi anak-anaknya, karena ia sendiri merasa bahwa teknologi tidak boleh digunakan tanpa regulasi atau aturan. Semua ada batasnya, karena ketika tidak ada batas mereka akan kecanduan. Apalagi, anak kecil sangat mudah untuk terpengaruh hal-hal yang menarik bagi mereka, termasuk gawai.

Mengajarkan Mereka untuk Menunggu

Meski kadang Mam tak tega untuk mendengar si kecil merengek di depan umum, namun tak ada salahnya untuk membiarkannya seperti itu. Hal ini akan mengajarkan pada mereka bahwa mereka tak bisa mendapatkan apa yang mereka mau saat itu juga. Dengan begitu, mereka akan lebih sabar dalam menunggu sesuatu.

Berikan pada mereka apa yang mereka inginkan ketika Mam bisa memberikannya, namun jangan langsung saat itu juga. Ada hak ada kewajiban, ketika si kecil sudah menyelesaikan kewajibannya barulah berikan hal tersebut kepadanya.

Tidak Mendapatkan Sesuatu dengan Cuma-cuma

Hal ini berhubungan dengan mengajarkan kepada si kecil bahwa ia harus menunggu. Mam sebaiknya tidak membiasakan untuk memberikan hadiah kepadanya secara cuma-cuma. Hal ini memang dapat membuatnya merasa sayang pada Mam, namun juga dapat memberikan dampak berupa ketergantungan akan Mam. Bahkan bisa berujung pada dirinya yang menggampangkan segala sesuatu karena mereka bisa mendapatkan apa yang mereka mau dengan cuma-cuma.

Ajarkan dia untuk memenuhi kewajibannya terlebih dulu, atau ketika ia ingin membeli sesuatu ajarkan dirinya untuk menabung. Bill Gates memberikan reward berupa uang saku pada anaknya ketika mereka membantunya dengan pekerjaan rumah. Bisa menjadi ide yang baik bukan?

 

 

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :