Saat Suami Menjadi Bayi Gede

Anda pasti bertanya-tanya apa artinya Bayi Gede. Bayi Gede adalah istilah yang menggambarkan gejala-gejala pada suami saat mengalami batuk dan flu yang bertingkah laku seperti anak-anak. Dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Jakarta pada 27 Agustus 2014 lalu, psikolog Rosdiana Setyaningrum menyebutkan bahwa menurut riset yang dilakukan di Inggris baru-baru ini, sekitar 67% pria mengaku rewel ketika sakit dan mencari perhatian pasangan. Lantas, apa saja gejala umum Bayi Gede pada suami? Berikut 5 gejalanya:

  • Lemah seperti anak kecil
    Pada saat orang mengalami flu, gejala yang biasa terjadi adalah lemah dan lelah yang berlebihan. Kekuatan laki-laki dewasa dapat menurun seperti anak kecil, dan menjadi enggan melakukan apapun apalagi bergerak.
  • Meminta perhatian istri agar menemani setiap saat
    Suami yang sakit selalu meminta perhatian lebih dari istrinya. Bukan hanya perhatian sesaat, namun selama periode Bayi Gede ini, suami akan meminta istrinya untuk menemani dan memberikan kenyamanan yang lebih setiap saat.
  • Kurang nafsu makan dan rewel dalam memilih makanan
    Sangatlah sulit untuk Bayi Gede memakan makanan dengan porsi biasa sebagai sumber tenaga untuk melawan penyakit. Dia hanya mau makanan kesukaannya yang seringkali dimasak ibunya semasa dia kecil.
  • Mudah bosan
    Ketika dia harus istirahat di rumah karena sakit, banyak aktivitas yang tidak dapat dia lakukan, sehingga memengaruhi emosinya, dan menyebabkan rasa bosan.
  • Ingin selalu dimanjakan istri sebelum tidur
    Sebelum tidur adalah saat dimana Bayi Gede minta lebih dimanjakan sepanjang malam.

Nah, Mam, apakah suami Anda mengalami gejala di atas ketika mengalami batuk dan flu? Jangan khawatir, ada beberapa cara menangani gejala Bayi Gede ini, lho. 

  • Berikan dia rasa nyaman melalui sentuhan tangan
    Pada saat suami mengalami gejala Bayi Gede, dia ingin selalu diperhatikan dan ditemani oleh istrinya. Berikan sentuhan saat menemaninya untuk membantunya merasa lebih nyaman.
  • Gantikan kopi dengan teh madu
    Apakah suami Anda suka minum kopi pada pagi hari, Mam? Selama suami Anda sakit, gantilah kopinya dengan teh madu. Teh mengandung Theophylline (pelega tenggorokan alami), sedangkan madu bermanfaat untuk mengurangi infeksi selama radang tenggorokan. Bila perlu, usahakan suami membawa inhaler saat bepergian untuk mengurangi gejala flu dimana pun dia berada.
  • Hilangkan rasa bosan dengan acara TV favoritnya
    Batuk dan pilek dapat memengaruhi daya tahan tubuh, jadi usahakan suami Anda tetap rileks dan hibur ia dengan film atau acara TV, seperti pertandingan tim bola favoritnya.
  • Manjakan suami sebelum tidur
    Menemani suami sambil bercerita sebelum tidur akan membantunya terlelap. Usapkan balsem hangat di dada dan leher untuk membantu meringankan gejala flu dan batuk yang ia alami.

Semoga bermanfaat ya, Mam.

 

Baca Juga:

Related Posts

Comments :