Hari Kemerdekaan Republik Indonesia: Cara Sederhana Ajari Si Kecil Makna Kemerdekaan

Dalam waktu dekat, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia akan dirayakan. Semangat nasionalisme yang akhir-akhir ini menurun di kalangan generasi muda diharapkan dapat kembali naik dan menjadi semangat tersendiri dengan adanya peringatan kemerdekaan ini. Sebagai orang tua yang baik, hendaknya Mam juga turut serta dalam menumbuhkan semangat kemerdekaan pada Si Kecil.

Mungkin bagi Mam, mengikuti upacara bendera di sekolah saja sudah cukup untuk Si Kecil dalam memaknai kemerdekaan. Rasanya bukan itu makna sesungguhnya dari peringatan kemerdekaan, melainkan bagaimana Si Kecil dapat menghargai perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan. Lantas, bagaimana cara mengajari Si Kecil makna kemerdekaan yang sesungguhnya? Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat Mam lakukan untuk memberikan pengertian kepada Si Kecil akan makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Berkunjung ke Museum

Ajak Si Kecil belajar hal baru dengan berkunjung ke museum yang memajang foto-foto dan arsip perjuangan pahlawan kemerdekaan. Jelaskan apa yang terjadi ketika Indonesia berhasil merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Berikan pengertian bahwa hal tersebut sangat sulit diraih oleh orang-orang zaman dahulu dan butuh banyak pengorbanan baik jiwa maupun raga. Ajak dia untuk bersyukur hidup di era kemerdekaan yang serba berkecukupan tanpa perlu merasakan perihnya peperangan.

Menghafal Nama Pahlawan

Menghafal nama pahlawan bukan berarti Mam harus mengajarkannya seperti seorang guru yang mengajarkan sejarah dengan gaya yang membosankan. Mam dapat membuat semacam kuis sederhana seperti tebak-tebakan atau sejenisnya. Selain itu, berikan juga beberapa sejarah singkat tentang apa yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan tersebut. Mam juga bisa memanfaatkan gambar pahlawan di uang kertas untuk bercerita tentang perjuangan mereka. Yang penting berikan pengertian tentang perjuangan mereka.

Memberikan Bantuan kepada Orang yang Membutuhkan

Kenapa harus melakukan aktivitas ini? Pada dasarnya, memang hal ini tidak ada hubungannya dengan hari kemerdekaan. Namun, dengan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, setidaknya Si Kecil akan paham bagaimana menderitanya seseorang pada zaman penjajahan. Masyarakat di zaman penjajahan hidup dengan sangat kekurangan. Dari sini, Mam dapat mengajarkan tentang rasa bersyukur dapat hidup di era kemerdekaan. Selain itu, Mam juga bisa sekaligus melatih Si Kecil untuk berbagi kepada sesama.

Menonton Langsung Upacara Kemerdekaan

Menurut Mam, apa tujuan televisi nasional menyiarkan secara langsung upacara kemerdekaan? Tentu pada dasarnya hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat patriotisme masyarakat Indonesia. Khidmatnya pelaksanaan upacara serta sakralnya prosesi pengibaran bendera merah putih dapat jadi contoh yang benar dalam memahami makna kemerdekaan. Dari situ Mam dapat memberikan pengertian bahwa memang menghargai jasa pahlawan bisa dari hal yang sederhana, yakni dengan mengikuti upacara bendera secara khidmat dan tenang. Berikan gambaran bahwa zaman dulu, para pahlawan kemerdekaan bersusah payah untuk mengibarkan bendera merah putih dan memekikkan kata merdeka.

Mendengarkan Lagu Wajib Nasional

Di hari kemerdekaan biasanya televisi atau radio sering menyiarkan lagu-lagu wajib nasional yang penuh dengan pesan kemerdekaan dan perjuangan. Mam dapat memperdengarkan lagu-lagu tersebut untuk Si Kecil. Dengan lagu kemerdekaan yang dibalut semangat juang tinggi, diharapkan rasa nasionalisme Si Kecil dapat terbangun dengan baik. Mam juga bisa menggunakan lagu-lagu nasional yang diaransemen oleh penyanyi-penyanyi lain apabila memang dirasa kurang menarik bagi Si Kecil.

Memasang Bendera Merah Putih Bersama

Cara ini bisa Mam lakukan bersama Si Kecil dan Ayah. Saat memasang bendera, berikan juga pengertian bahwa dahulu para pejuang sangat sulit memasang bendera merah putih, bahkan sekecil apapun. Bila dibandingkan dengan sekarang, mendirikan bendera merah putih pada zaman penjajahan taruhannya adalah nyawa. Jelaskan pada Si Kecil bahwa bukan merah putih yang dihormati, melainkan jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Merah putih adalah simbol semata.

 

Itulah beberapa aktivitas yang dapat Mam lakukan untuk memberikan pemahaman tentang makna kemerdekaan sesungguhnya. Menumbuhkan rasa nasionalisme memang pada dasarnya harus dilakukan sejak dini agar Si Kecil nantinya tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang bermanfaat bagi negara. Diharapkan, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dapat menjadi satu tanda dimulainya pertumbuhan rasa nasionalisme bukan hanya untuk Si Kecil, melainkan juga untuk diri sendiri sebagai warga negara yang baik.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :