Kenali Jenis Wisata Anak dan Tujuannya

Wisata anak, jenis wisata anak, wisata Photo Credit: Pexels

Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh anak-anak. Banyak hal baru yang akan dipelajari oleh Si Kecil selama melakukan kegiatan wisata anak. Untuk memberikan pengalaman berwisata terbaik baginya, Mam terlebih dahulu harus mengenali jenis wisata anak dan tujuannya. Apa saja? Berikut informasinya!

Wisata edukasi untuk memperluas wawasan

Orang tua sering menjadikan waktu liburan sekolah sebagai momen yang pas untuk mengajak anak berwisata. Nah, bila Mam tertarik mengajak Si Kecil berwisata, Mam bisa mempertimbangkan jenis wisata yang satu ini, yakni wisata edukasi untuk memperluas wawasannya. Wisata edukasi tidak hanya memberikan waktu bagi Si Kecil untuk bersenang-senang, namun juga belajar banyak hal.

Wisata edukasi bisa jadi cara yang tepat bagi Mam untuk memperlihatkan secara langsung kepada Si Kecil tempat-tempat yang biasa ia lihat di buku. Si Kecil pun dengan begitu dapat memperoleh pemahaman dan pengalaman nyata. Mam bisa mengajaknya mengunjungi museum, taman, atau tempat bersejarah terdekat. Untuk mam yang tinggal di Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah dan Planetarium Jakarta bisa jadi opsi wisata edukasi yang layak dipilih.

Wisata alam untuk memperkenalkan kekayaan alam

Wisata alam termasuk bentuk kegiatan rekreasi yang memanfaatkan potensi sumber daya alam, baik dalam kondisi alami maupun setelah adanya usaha budidaya, yang memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan kesegaran secara jasmani dan rohani. Wisata alam sendiri bertujuan untuk memperkenalkan kepada Si Kecil mengenai kekayaan alam yang ada di sekitarnya, khususnya Indonesia.

Melalui wisata alam, Mam memberikan kesempatan pada Si Kecil untuk melihat secara langsung berbagai keindahan alam yang ia butuhkan untuk relaksasi dan bersenang-senang. Khususnya bila Mam tinggal di kota besar, melakukan wisata alam dengan pulang ke kampung halaman, mengunjungi kebun bintang, hingga hutan wisata yang aman dikunjungi bisa dipertimbangkan. Hal ini akan mendorong Si Kecil untuk lebih menghargai alam dan berbagai hal yang ada di dalamnya.

Wisata kreatif untuk mengasah kreativitas Si Kecil

Si Kecil yang sedang dalam masa aktif mengeksplor berbagai hal baru harus didukung dengan kesempatan yang dapat mendorong kreativitasnya. Salah satunya adalah dengan berwisata kreatif yang bertujuan untuk mengasah kreativitasnya dalam menciptakan sebuah karya seni. Wisata kreatif bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat Si Kecil tidak bosan melihat hal yang itu-itu saja.

Beberapa rekomendasi wisata kreatif yang bisa Mam kunjungi bersama buah hati adalah wisata keramik di Rumah Tanah Baru (Depok), sentra pembuatan gerabah atau tembikar Anjun Plered di Jatiluhur, Purwakara, hingga workshop membatik di Museum Tekstil Jakarta.

Dengan melakukan wisata kreatif, Mam bisa mendorong rasa ingin tahu Si Kecil yang tinggi untuk menciptakan sesuatu. Misalnya saat Si Kecil melihat orang menari, ia akan tertarik untuk menari dengan gayanya. Bila Si Kecil cukup aktif dan kreatif, Mam juga bisa memperkenalkannya pada beberapa kegiatan kursus singkat untuk membatik, membuat keramik, ataupun menggambar yang menyenangkan.

 

Sekarang Mam tak lagi bingung saat hendak mengajak Si Kecil berwisata, kan? Dalam melakukan perencanaan, sebaiknya Mam juga melibatkan Si Kecil agar nantinya ia bisa bersenang-senang secara maksimal selama wisata anak berlangsung.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :