Mam, Ternyata Mengajak Anak ke Bioskop Itu Bahaya Loh!

Hampir semua orang suka menonton film di bioskop untuk melepas stress dan menikmati akhir pekan bersama keluarga. Pernah melihat orang tua yang mengajak anaknya yang masih kecil ke bioskop? Atau Mam pernah mengajak Si Kecil menonton film bersama? Mengajak Si Kecil menonton film di bioskop ternyata bahaya loh! Apa saja dampaknya? Simak ulasannya dibawah ini!

Gangguan pendengaran

Suara keras bisa memberikan efek buruk bagi Si Kecil. Si Kecil bisa dimungkinkan terkena gangguan pendengaran secara permanen karena dipicu oleh intensitas bunyi yang dikeluarkan dari speaker bioskop. Volume yang terlalu keras dan menggelegar bisa membuat sel-sel dan cochlea (rumah siput) pada telinga Si Kecil akan lelah. Mendengarkan suara diatas 80 desibel selama lebih dari 15 menit dinilai tidak aman bagi rata-rata usia anak. Sebisa mungkin hindarkan Si Kecil dari kebisingan dalam waktu lama.

Mempengaruhi perkembangan kognitif

Menurut ahli psikologi Swiss Jean Piaget, perkembangan kognitif pada anak terbagi atas empat tahap yaitu sensorimotor, pra operasional, operasional konkrit dan operasional formal. Meskipu Mam telah memilih fil khusus anak seperti film kartun atau animasi, melihat film di bioskop bisa membuat Si Kecil menjadi hiposensitif dengan suara keras. Apalagi bila plot dan gambar yang rumit dan tidak sesuai dengan usia Si Kecil. Kondisi tersebut dapat menjadi pengalaman yang traumatik baginya. Hal ini akan memberikan dampak buruk terhadap perkembangan kognitif mereka. Sebaiknya tundalah mengajak Si Kecil nonton film di bioskop hingga usianya tepat atau diatas 6 tahun.

Mengganggu perkembangan mental

Sama halnya dengan indra pendengaran, otak anak masih belum berkembang dengan sempurna. Si Kecil belum bisa memproses gambar-gambar di layar bioskop dengan cara yang sama seperti Mam. Menurut teori perkembangan moral Lawrence Kohlberg, anak kecil masih berada dalam tahap penalaran prakonvesional dan belum bisa membedakan perilaku baik dan buruk. Bila Mam mengajaknya nonton film di bioskop yang mengandung unsur kekerasan meskipun itu film kartun atau animasi, anak bisa langsung menirunya.

Mempengaruhi kesehatan emosi anak

Meskipun sekilas menonton film di bioskop adalah hal yang menyenangkan untuk Si Kecil, namun dibaliknya banyak efek buruk yang ditimbulkan. Salah satunya adalah mempengaruhi kesehatan emosi anak. Kondisi bioskop yang gelap dan volume suara yang besar tentunya bukan ruangan yang nyaman bagi Si Kecil. Bioskop menjadi tempat baru terutama bagi anak yang tidak terbiasa dengan suara bising atau keramaian. Apalagi bila film yang ditonton menampilkan adegan yang menakutkan ataupun kekerasan yang dapat mempengaruhi pikiran dan sensitivitas Si Kecil.

Mengajak anak menonton film di bioskop memang terlihat menyenangkan. Namun dibalik itu ada berbagai dampak buruk yang siap mengintai. Sebenarnya tak hanya ke bioskop saja, tapi berbagai tempat hiburan juga berisiko untuk Si Kecil. Seperti area games di pusat perbelanjaan juga punya tingkat volume suara yang tinggi dan bisa mengganggu pendengaran dan perkembangan kognitifnya. Semoga bermanfaat Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :