Pekan ASI Sedunia: Pentingnya Memberi ASI Eksklusif untuk Si Kecil

Pekan ASI Sedunia sejatinya diselenggarakan selama satu minggu di awal Agustus, tepatnya dari tanggal 1-7. Kesepakatan ini muncul dalam Deklarasi Innocenti yang dibuat di Florence, Italia, pada tahun 1990. Bukan tanpa sebab, Pekan ASI Sedunia dicanangkan untuk mengingatkan kepada masyarakat dunia, khususnya ibu menyusui, tentang pentingnya ASI untuk tumbuh kembang bayi.

Sejak lahir, pemberian ASI untuk bayi memang sangat dianjurkan. Banyak nutrisi yang terkandung dalam ASI, di mana tidak dapat dipenuhi secara keseluruhan oleh MPASI atau susu formula sekalipun. Lalu, apa pentingnya memberikan ASI eksklusif untuk Si Kecil? Berikut ini ulasannya.

Sumber Nutrisi dan Proteksi bagi Bayi

ASI adalah sumber makanan terbaik yang mampu membantu Si Kecil untuk tumbuh kembangnya. ASI diproduksi dengan kandungan yang berbeda-beda pada setiap ibu untuk bayi mereka sendiri. Di dalamnya, terkandung sejumlah protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Uniknya, kandungan ASI akan berubah seiring pertumbuhan bayi dan menyesuaikan kebutuhan bayi. ASI juga sangat mudah dicerna oleh Si Kecil dibandingkan dengan susu formula.

Air Susu Ibu juga mengandung banyak antibodi penting yang membantu mencegah datangnya penyakit serta mengurangi risiko perkembangan alergi pada bayi. Maka dari itu, sangat penting bagi Si Kecil untuk mendapatkan haknya.

Hal tersebut belum termasuk colostrum yang hanya muncul beberapa jam setelah kelahiran. Colostrum berguna untuk memberikan perlindungan penting di awal bayi lahir serta mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya yang mungkin tumbuh di dalam sistem pencernaan bayi. Perlindungan semacam ini bahkan sangat penting apabila bayi lahir secara prematur karena sistem pencernaannya yang belum sempurna.

ASI untuk Kecerdasan

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa ASI sangat penting untuk kecerdasan Si Kecil. Kandungan DHA dan AA dalam ASI mampu membuat otak berkembang lebih sempurna. Terbukti, berbagai penelitian mengenai dampak ASI pada Si Kecil menemukan bahwa bayi yang diberi ASI selama masa pertumbuhan memiliki skor tes IQ lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI, begitu juga dengan nilai akademisnya di sekolah.

Bermanfaat untuk Ibu Juga

Ini kabar baik untuk Mam. Memberikan ASI eksklusif untuk bayi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang mungkin timbul di dalam tubuh ibu. Berbagai penelitian tentang ASI membuktikan bahwa pemberian ASI dapat melindungi ibu dari kanker payudara, kanker ovarium, dan lemah tulang atau osteoporosis di masa tua nanti.

Ketika memberikan ASI eksklusif, tubuh membutuhkan banyak kalori untuk memproduksinya. Maka dari itu, pemberian ASI eksklusif juga dapat membantu Mam untuk menurunkan berat badan secara bertahap setelah naik berkali-kali lipat selama masa kehamilan. ASI eksklusif juga mampu melancarkan menstruasi yang biasanya mengalami masalah setelah kelahiran Si Kecil.

Menjalin Kedekatan Ibu dan Bayi

Kedekatan dan kenyamanan saat menyusui dapat memperkuat ikatan antara Mam dan Si Kecil. Hal tersebut juga memberikan rasa aman pada Si Kecil sehingga hubungan kasih sayang antara Mam dan Si Kecil makin dekat. Ayah dan Mam memang tidak boleh memanjakan bayi. Maka dari itu, berikan dia pelukan kasih sayang agar kedekatan keluarga makin terjaga.

Pelengkap Kebutuhan Nutrisi Bayi

Penelitian membuktikan bahwa ASI sangat penting sebagai satu-satunya makanan atau minuman yang dibutuhkan bayi untuk enam bulan pertama. Setelah enam bulan, bayi butuh variasi makanan lain sebagai tambahan ASI atau biasa disebut MPASI. Namun, jangan hentikan pemberian ASI sebagai penyedia nutrisi dan proteksi bagi bayi. Bila memungkinkan, lanjutkan ASI eksklusif hingga Si Kecil berusia 2 tahun atau lebih. Kandungan ASI tetap penuh nutrisi dan manfaatnya untuk Si Kecil masih sama.

 

Itulah pentingnya memberikan ASI eksklusif untuk bayi yang perlu Mam ketahui. Diharapkan, dengan adanya Pekan ASI Sedunia, kita, para ibu, dapat lebih sadar akan betapa pentingnya ASI eksklusif bagi bayi. Dengan demikian, perkembangan dan pertumbuhan bayi di dunia, khususnya di Indonesia dapat terjamin dengan baik sehingga mewujudkan keluarga yang sejahtera untuk masa depan yang lebih baik.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :