3 Jenis Car seats untuk Si Kecil

Mam, jika keluarga Anda sering bepergian menggunakan mobil, maka salah satu tugas terpenting orangtua adalah memastikan bahwa Si Kecil duduk dengan aman. Salah satunya adalah dengan memasang car seats khusus untuk Si Kecil. Namun, beragam jenis car seats yang ada di pasaran seringkali membuat Mam bingung harus memilih dan membeli yang mana. Padahal, ragam jenis car seats tersebut dibuat juga untuk menyesuaikan beberapa hal sehingga keamanan Si Kecil maksimal, seperti ukuran tubuh dan usia Si Kecil misalnya.

Namun, sebelum Mam membeli car seats untuk Si Kecil, setidaknya ada tiga hal yang harus Mam perhatikan. Pertama, karena tidak semua car seats bisa dipasang pada setiap jenis mobil, maka pastikan untuk membeli car seats yang sesuai dengan jenis mobil Anda. Kedua, belilah car seats yang bisa dipasang dan digunakan dengan benar setiap saat. Dan yang ketiga, karena Si Kecil terus bertumbuh, maka pastikan untuk membeli car seats yang pas dengan ukuran tubuh dan usia Si Kecil.

Berbicara mengenai jenis car seats yang tepat untuk Si Kecil, berikut 3 jenis car seats dan penjelasannya untuk memudahkan Mam saat membeli:

  1. Rear-facing car seats

Jika Si Kecil masih berusia 0-12 bulan, maka car seats yang harus Mam pilih adalah model rear-facing atau yang menghadap ke belakang. Rear-facing car seats ini juga masih bisa digunakan walaupun Si Kecil sudah bertumbuh hingga 1-3 tahun, hanya saja pastikan bahwa Si Kecil belum melebih batas tinggi dan berat car seats tersebut. Dikutip dari situs web NHTSA, semakin lama Si Kecil naik mobil dengan menghadap ke belakang, maka semakin aman pula mereka.

  1. Forward-facing car seats

Forward-facing car seats sudah bisa digunakan Si Kecil ketika mereka telah memasuki usia 2 tahun hingga usia dimana tubuh mereka sudah melebihi jok tersebut. Tidak seperti rear-facing car seats yang menghadap belakang, forward-facing car seat menghadap ke depan. Car seats jenis ini juga direkomendasikan untuk menampung anak-anak dengan berat badan maksimal 85 pound atau sekitar 38 kg.

  1. Booster seat

Booster seat digunakan pada anak-anak yang telah memasuki usia sekolah, sekitar 8-12 tahun, atau yang memiliki berat badan seberat 80-100 pounds (sekitar 36-45 kg). Selain itu, Si Kecil juga sudah bisa menggunakan booster seat ketika bahu mereka sudah berada diatas car seats harness slot paling atas, atau ketika telinga mereka sudah berada diatas bagian paling atas car seats itu sendiri. Jika Si Kecil mulai merasa tidak nyaman ketika harus duduk diatas booster seat saat berkendara, maka Mam bisa mengganti booster seat tanpa alas kaki dengan posisi sabuk pengaman yang menyilang di bahu mereka.

Penggunaan car seat pada mobil memang belum populer di Indonesia, namun sebenarnya perlengkapan ini memiliki segudang manfaat. Tidak hanya bisa melindungi Si Kecil dari kecelakaan atau benturan saat mobil di rem mendadak, Si Kecil juga dilatih supaya bisa duduk tenang di atas mobil. Oleh sebab itu, yuk biasakan menggunakan car seat jika bepergian bersama Si Kecil!

 

Baca juga : 

Pilih Buku Atau Gadget?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :