Apa Itu Podcast dan Apa Manfaatnya untuk Mam?

Menimba ilmu memang bisa di mana saja, mulai dari institusi formal atau pun dari lingkungan sekitar Anda. Di zaman yang semakin canggih, sebenarnya seseorang justru sudah semakin dimudahkan aksesnya untuk mendapatkan ilmu baru jika ada kemauan untuk mencarinya. Nah, Mam, ada banyak media pembelajaran yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan ilmu baru. Mulai dari buku, radio, televisi, dan smartphone Anda sendiri.

Apa itu Podcasts?

Berbicara media pembelajaran, apakah Anda pernah mendengar istilah podcasts? Podcasts sebenarnya tidak jauh berbeda dengan radio, karena Anda akan mendengarkan seseorang yang sedang bercerita, melucu, membagikan tips, bertukan pikiran, dan lainnya dengan melalui gadget. Jika dilihat dari sejarahnya, podcasts sudah ada sejak tahun 2005, namun baru pada tahun 2007 mulai banyak digunakan oleh masyarakat, dan berkembang hingga kini.

Awalnya podcast berasal dari kata iPod+ Broadcasting yang hanya ada di produk iPod saja. Tapi seiring perkembangan zaman, kini podcasts sudah bisa diakses melalui iOS, Android, dan Windows Phone. Cara mengaksesnya pun mudah, Mam hanya perlu mengunduh aplikasi yang gratis atau berbayar di smartphone Anda untuk bisa mendengarkan podcast.

Lalu, Apa Manfaatnya?

Podcasts memang tidak jauh berbeda dengan mendengarkan radio. Hanya saja, ketika Mam mendengarkan podcasts, Anda tidak akan terganggu oleh iklan, harus menanti hingga waktu siaran para penyiar tiba, cara menggunakannya pun mudah karena sudah bisa diakses oleh smartphone Anda. Selain hal tersebut, berikut beberapa manfaat yang bisa Mam dapatkan jika Anda rajin mendengarkan podcasts:

  • Mam akan Menjadi Lebih Imajinatif

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Emma Rodero dari Universitas Pampeu Fabra yang dikutip dari halaman Freshu.io, ditemukan kalau pendengar podcast bisa menghasilkan lebih banyak gambaran yang jelas dalam pikiran mereka dan memiliki keterlibatan emosi yang tinggi dalam cerita atau bahasan dalam podcasts tersebut. Dalam penelitian lain dikatakan kalau podcasts bisa merangsang citra mental ANda menjadi lebih intens dan membuat pendengar harus lebih memperhatikan apa yang sedang dibahas.

Mengingat para pendengar hanya mendengarkan suara, maka secara otomatis hal ini membantu otak Anda bekerja dngan imajinasi untuk membangun gambaran yang ia dapatkan dari apa yang sudah didengar oleh mereka. Hal inilah yang membuat kemampuan imajinasinya lebih kuat dan jelas dibandingkan yang tidak mendengarkan.

  • Mam Bisa Belajar Hal Baru

Podcasts hadir dari beragam topik dan subjek yang berbeda, sehingga Anda akan menemukan salah satu hal yang Anda anggap menarik untuk Anda. Jika Anda tertarik dalam mendengar suatu hal yang random, maka dari hal ini pula Anda bisa mempelajari hal baru atau sekedar mendapatkan informasi baru yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

  • Melatih Kemampuan Multitasking Anda

Hal lain yang bisa Anda dapatkan ketika sering mendengarkan podcasts adalah Anda tetap bisa melakukan kegiatan lain sambil Anda mendengarkan podcasts. Ada banyak hal yang masih bisa Anda lakukan dan sama sekali tidak merugikan kegiatan lain ketika Anda mendengarkan podcasts. Melalui hal inilah Anda bisa melatih kemampuan Anda ber- multitasking.

 

Baca juga :

Melahirkan Dengan Metode Water Birth, Amankah?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :