Mengapa Kulit Si Kecil Berbeda dengan Orang Tua?

Sebenarnya apa perbedaan signifikan dari kulit bayi dan orang dewasa sehingga terjadi perbedaan perawatan kulit? Apa benar kulit bayi lebih sensitif? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Ketebalan Kulit Berbeda

Kulit bayi memiliki ketebalan yang jauh lebih tipis daripada orang dewasa. Umumnya, kulit bayi memiliki ketebalan 1 hingga 2 milimeter, sekitar 60% lebih tipis dari orang dewasa. Jauh sekali kan Mam? Karena itu tak sebaiknya perawatan kulit untuk Mam diberikan pada si kecil.

Rambutnya pun Tidak Sama

Tak hanya ketebalannya, rambutnya pun lebih sedikit dari orang dewasa. Rambut di kulit umumnya berguna untuk menyaring kotoran agar tak serta merta menempel pada kulit. Karena itu kulit bayi jauh lebih sensitif daripada kulit orang dewasa.

Perawatan bayi bisa digunakan untuk orang dewasa, tetapi perawatan untuk orang dewasa tak bisa digunakan untuk bayi juga karena faktor ini.

Bayi Rentan Mengalami Memar

Mengapa bayi kerap mengalami memar ketika terbentur sedikit padahal orang dewasa tidak? Hal ini disebabkan oleh lapisan lemak.

Lapisan lemak di bawah kulit orang dewasa sudah cukup banyak, dan lapisan lemak ini memiliki fungsi sebagai bantalan ketika terjadi benturan. Karena itu, lapisan lemak yang sedikit sama dengan mudah mendapatkan memar.

Tak heran bila Mam lebih kuat daripada si kecil, karena lapisan lemak di bawah kulit si kecil masih sangat sedikit.

Sel-sel Kulit Bayi Belum Sempurna

Ikatan antar sel pada kulit bayi masih belum sempurna alias longgar, juga ikatan akan kulit atas (epidermis) dan kulit bawah (dermis) yang belum terjalin dengan sempurna. Hal ini berarti fungsi kulit sebagai pelindung tubuh belum optimal.

Karena itu, tidak disarankan untuk memaparkan si kecil terlalu lama di bawah sinar matahari, apalagi di siang hari yang terik.

Selain itu, kulit si kecil juga tidak memproduksi melanin sebanyak orang dewasa sehingga resiko kulitnya memerah hingga terjadi infeksi juga lebih besar daripada Mam.

Kelenjar Minyak dan Keringat Belum Berfungsi dengan Baik Pada Bayi

Artinya, kulit bayi masih belum bisa beradaptasi baik dengan suhu lingkungan. Suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin bisa merusak kulitnya.

Sudah tahu kan perbedaan kulit Mam dan si kecil? Karena itu, jangan sembarangan membawanya ke mana-mana atau memberikan perawatan seenaknya ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :