Wajib Tahu, Inilah 5 Tips Hemat Belanja Online

 

Kemajuan teknologi dan informasi saat ini telah mengubah sikap dan perilaku seseorang. Termasuk pula kebiasaan membeli sebuah barang atau produk tertentu. Jika sebelumnya orang membeli barang dengan mendatangi tokonya langsung, kini bisa membeli melalui satu genggaman saja dengan cara online. Belanja online selain mudah terkadang juga dapat menguras kantong Mam. Agar hemat, berikut lima tips dalam berbelanja online yang bisa diterapkan.

Manfaatkan Kupon Belanja dan Promo

Tips pertama yang bisa dicoba adalah dengan mencari kode promo atau diskon yang ada. Beberapa provider toko online biasanya menawarkan kode-kode promo di saat tertentu. Kode tersebut biasanya memiliki potongan harga untuk item barang khusus. Semisalnya saat flash sale atau dalam rangka harbolnas.

Tentu dengan memanfaatkan promo Mam bisa menghemat biaya belanja dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Namun jangan salah, meskipun mendapatkan potongan harga murah barang yang dijual tetap memperhatikan kualitas terbaik lho. Sehingga Mam bisa merasa tenang saat berbelanja.

Risetlah Sebelum Membeli

Ada pepatah yang mengatakan jangan membeli kucing di dalam karung. Maksudnya adalah dalam membeli sebuah barang kita sebaiknya harus teliti terlebih dahulu. Cara untuk meneliti sebuah barang yang akan dibeli tersebut salah satunya adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan.

Riset ini Mam bisa melihat review di beberapa situs jual beli online. Dari situ kemudian bisa dilihat mana barang yang tepat untuk dibeli. Review barang tidak hanya digunakan oleh calon konsumen saja melainkan juga oleh penjual untuk meyakinkan pembeli. Keuntungan lain dari melakukan riset ini adalah agar Mam tidak tertipu antara foto produk yang dipajang dengan kondisi barang asli saat dibeli.

Bandingkan Harga

Langkah selanjutnya adalah dengan membandingkan harga. Untuk itulah sebaiknya jangan hanya terpaku pada satu situs jual beli online saja. Ketika sudah dipastikan produk apa saja yang akan dibeli, sebaiknya bandingkanlah harganya di berbagai situs jual bel yang ada. Jika di salah satu situs selisih lebih murah dan kualitas barang yang dijual sama, maka bisa menjadikan situs tersebut jadi pilihan.

Memang, tips satu ini memang sedikit merepotkan karena membandingkan antara situs satu dengan lainnya mungkin terlihat membosankan. Namun, demi harga yang lebih murah dan hemat tidak ada salahnya bukan untuk sedikit mengeluarkan tenaga esktra agar bisa irit dan tidak membuat kantong jebol?

Sesuaikan dengan Budget

Terkadang ketika membeli suatu barang, kita menjadi lupa atau biasa disebut kalap. Agar hal ini tidak terjadi kembali, sebaiknya sebelum membeli atau berbelanja secara online perhatikan budget Mam terlebih dulu. Apabila kita belanja terlalu kalap tidak hanya membuat diri menyesal saja, melainkan juga harus memutar otak bagaimana untuk mengatur keuangan agar dapat bertahan hingga akhir bulan.

Mam bisa membuat list belanjaan mana yang akan dibeli. Prioritaskan barang yang dirasa paling penting kemudian baru jika barang kebutuhan tersebut terpenuhi baru bisa membeli barang lainnya. Namun, perlu diingat pula membeli barang tersebut ada batasannya ya Mam!

Beli di Toko yang Sama

Terakhir adalah Mam bisa membeli beberapa produk atau barang di toko online yang sama. Hal ini untuk menekan biaya ongkos kirim. Mengingat biasanya toko online memiliki mitra jasa pengiriman yang berbeda-beda sehingga harga ongkos kirimnya pun berbeda.

Lebih baik lagi jika memilih toko online yang membebaskan ongkos kirim. Meski dianggap sepele ongkos kirim bisa jadi salah satu faktor penyebab membengkaknya anggaran belanja. Terlebih jika membeli di toko online yang berbeda.

Nah, itulah Mam 5 tips yang bisa diterapkan agar hemat saat belanja online. Selamat mencoba!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :