Apakah Aman Si Kecil Mengonsumi Kopi?

Kopi memang dianggap sebagai minuman ajaib untuk mengembalikan semangat untuk memulai hari atau ketika sore hari saat Anda mulai penat dengan pekerjaan Anda sendiri. Memang betul,Mam, meminum kopi memang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh mulai dari meningkatkan konsentrasi, menghilangkan stress, menjadi pencegah dari beberapa jenis penyakit, dan lainnya. Tapi bagaimana jika si kecil ingin juga meminum kopi atau sudah rutin meminum kopi? Apakah itu aman? Berikut penjelasannya.

Bolehkah si Kecil Minum Kopi?

Mam, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Health & Nutrition Examination disebutkan kalau anak-anak boleh minum kopi. Hanya saja kopi yang dimaksud adalah kopi tanpa kafein, karena kafein sebenarnya kurang baik jika dikonsumsi oleh anak-anak. Biasanya si kecil akan mulai menyukai kopi ketika usianya menginjak 12-22 tahun, usahakan untuk memberikan si kecil kopi tanpa kafein.Tapi kalau Anda kesulitan untuk menemukan kopi tanpa kafein, Anda boleh menginzinkan si kecil untuk meminum kopi dengan catatan tidak boleh berlebihan dan terlalu sering.

Alasan mengapa si kecil tidak boleh minum kopi berkafein adalah karena tubuh si kecil yang masih belum kuat untuk menerima kafein. Jika diteruskan, maka si kecil pun bisa terserang diare, mengalami insomnia, adanya perubahan tekanan darah, dan sakit kepala. Belum lagi rasa kopi yang sejatinya pahit, ketika si kecil ingin meminumnya tentu ia akan meminta untuk ditambahkan gula. Jika ini dibiasakan pun bisa-bisa menyebabkan si kecil terkena obesitas.

Amerika Melarang Anak-anak Mengkonsumsi Kafein

Negara Amerika memang terkenal dengan anak-anaknya yang gemar mengkonsumsi junk food dan juga minuman bersoda. Perlu Mam ketahui kalau soda juga memiliki sedikit kafein yang menyebabkan anak-anak di sana ketergantungan dengan soda. Amerika juga sudah mengatakan kalau kafein itu tidak aman untuk diminum oleh anak-anak.

Kopi memang mengandung zat adiktif yang membuat orang dewasa ketagihan untuk meminumnya, begitu pula pada anak-anak jika ia sering meminumnya. Jika Anda tidak ingin si kecil sering minum kopi, sebaiknya jangan membiarkan si kecil terlalu sering minum kopi.

Dampak Anak Terlalu Sering Minum Kopi

Mam, kopi mungkin bisa membantu Anda menenangkan pikiran. Tapi bagi anak-anak, ketika ia terlalu sering meminumnya akan ada efek negatif lain bagi kesehatan si kecil. Salah satunya adalah menyebabkan si kecil menjadi hiperkatif, kondisi ini pun terjadi karena kandungan kafein yang ada di dalam secangkir kopi. Selain itu, kopi juga menjadi salah satu penyebab anak mengalami ADHD atau kondisi di mana si kecil kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi.

Mam, itulah penjelasan mengenai apakah aman bagi si kecil untuk meminum kopi. Bagaimana menurut Anda? Jika menurut Anda, kopi dan kafein cenderung memiliki dampak buruk bagi kesehatan si kecil, sebaiknya dihindari. Tapi kalau menurut Anda tidak masalah, Anda boleh memberikan kopi kepadanya. Ingat, berikanlah secukupnya atau jangan terlalu sering karena sesuatu yang berlebihan tidak pernah berdampak baik pada seseorang.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :