8 Nutrisi Penting Trimester Pertama Kehamilan

8 nutrisi penting trimester pertama kehamilan

Kehadiran buah hati selalu dirindukan oleh setiap pasangan. Setelah positif hamil, semua pasangan pasti diliputi kebahagiaan. Ibu hamil harus menjaga kesehatan dan nutrisi kehamilannya di masa-masa awal kehamilan ini supaya janin di rahim ibu tumbuh dengan baik.

Ibu pasti tengah bahagia dengan kabar kehamilan yang tengah Anda alami. Begitu juga dengan ayah. Kini, ibu harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Tak boleh sembarang makan makanan tak sehat supaya calon buah hati yang ada di rahim tumbuh dengan sehat hingga nanti 9 bulan 10 hari. Memang, tidak ada pantangan makanan bagi ibu hamil. Namun, makanan sehat dan bergizi tentu lebih bagus untuk mendukung pertumbuhan janin di rahim ibu.

Pada masa awal kehamilan ini, yakni trimester pertama, merupakan masa-masa  penting dalam kehamilan. Pada trimester pertama ini, janin akan mengalami pembentukan dan perkembangan yang cukup pesat. Berbagai sistem organ pun juga sudah mulai terbentuk pada trimester pertama. Oleh karena itu, nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan oleh janin untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Makanan kaya akan asam folat, protein, vitamin, dan mineral menjadi asupan yang sangat dibutuhkan janin di masa-masa awal pertumbuhannya.

Biasanya, di minggu-minggu keenam hingga kedua belas, ibu hamil akan mengalami morning sickness yang bisa mengganggu aktivitas dan nafsu makan. Namun, sebaiknya tetap konsumsi makanan sehat dan bergizi supaya nutrisi ibu dan janin tercukupi. Makan dengan porsi kecil namun sering-sering, bisa membantu Anda untuk terhindar dari mual dan asupan nutrisi tetap terjaga.

Ibu hamil di trimester pertama kehamilannya bisa membuat sebuah ketentuan mengenai makanan apa saja yang wajib dikonsumsi untuk mendukung kehamilannya. Ibu tak perlu bingung untuk mengonsumsi jenis makanan yang bagus di trimester pertama kehamilan ini. Menurut Boldsky, ada 8 sumber makanan yang bisa ibu konsumsi setiap hari dan bagus untuk perkembangan janin, yakni bayam, asparagus, jeruk, kacang almond, brokoli, telur, ikan salmon, dan yoghurt.

  1. Bayam
    Sayuran hijau ini mudah sekali didapatkan, di pasar maupun penjual sayuran. Bayam kaya akan kalsium dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi bayam, dapat mendorong produksi darah lebih banyak sehingga dapat meningkatkan volume darah yang disalurkan ke rahim. Dengan konsumsi bayam ini, tubuh Anda akan terhindar dari kekurangan darah. Bayam mudah diolah dan juga cocok dijadikan lalapan. Anda bisa membuat sayur bening dari bayam dicampur wortel dan jagung pipil yang tentu sangat bergizi.
  2. Asparagus
    Asparagus merupakan sejenis sayuran yang kaya akan vitamin D. Vitamin D digunakan tubuh untuk memproses kalsium. Sayuran hijau ini banyak direkomendasikan sebagai sayuran wajib dikonsumsi ibu hamil karena dalam 5 asparagus, mengandung 100 mikrogram asam folat yang penting bagi ibu hamil di masa awal kehamilannya. Bau asparagus yang segar ternyata juga membantu mengatasi masalah morning sickness pada trimester pertama kehamilan.
  3. Jeruk
    Siapa sih yang tidak suka jeruk? Buah kuning ini kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Jeruk juga kaya akan asam folat yang berfungsi mencegah bayi lahir cacat.
  4. Kacang almond
    Asupan protein dapat ibu hamil temukan pada kacang-kacangan, terutama kacang almond. Selain tinggi protein, almond juga kaya vitamin E dan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan otak janin. Anda dapat menikmati kacang almond ini sebagai camilan.
  5. Brokoli
    Sayuran hijau ini juga sebaiknya Anda konsumsi di trimester pertama kehamilan. Pada trimester pertama kehamilan ini, brokoli dapat memberikan maanfaat dalam mencukupi zat besi Anda. Brokoli juga kaya akan asam folat, kalsium, dan juga vitamin C sebagai antioksidan. Anda dapat menikmati brokoli dengan memasaknya menjadi capcay dengan dicampur aneka sayuran lainnya atau cah brokoli yang lezat.
  6. Telur
    Telur dapat memenuhi kebutuhan protein Anda. Selain itu, telur juga mengandung kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh Anda, terutama saat hamil. Berbagai olahan telur mulai dari telur rebus, dadar, hingga balado dapat Anda nikmati.
  7. Ikan salmon
    Ikan yang satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama di trimester pertama. Ikan ini kaya akan kandungan omega 3 yang penting bagi perkembangan otak janin. Salmon dapat Anda nikmati dengan digoreng, panggang, atau diolah bersama aneka sayuran yang lezat.
  8. Yoghurt
    Yoghurt merupakan sumber makanan yang sangat bagus dikonsumsi dalam menunjang kehamilan. Yoghurt kaya protein, vitamin, dan serat. Yoghurt mengandung vitamin D yang baik untuk tulang dan gigi. Selain itu, serat membantu ibu hamil mengatasi masalah pencernaan, yakni membantu mengatasi susah buang air besar yang sering melanda ibu hamil. Berbagai produk yoghurt mudah ditemukan di swalayan atau pun supermarket. Anda bisa menyimpan yoghurt di dalam kulkas untuk persediaan sehari-hari.

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :