6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Hamil

Mata merupakan salah satu organ penting yang wajib dijaga kesehatannya. Saat hamil pun, kesehatan mata menjadi hal yang patut diperhatikan. Hal ini mengingat ada risiko melahirkan pada ibu hamil yang memiliki gangguan mata, seperti mata minus (myopia) dan retina yang jatuh (ablasio retina), dll. Kedua jenis kelainan pada mata tersebut memiliki kesamaan yaitu adanya gangguan pada bagian retina mata. Myopia ditandai dengan menipisnya retina mata, sedangkan ablasio retina ditandai dengan jatuhnya retina yang biasanya disebabkan karena benturan, robekan, radang, tumor, ataupun efek samping diabetes.

Ibu hamil dengan gangguan pada retina mata tersebut biasanya tidak disarankan untuk menjalani persalinan normal karena dapat mengakibatkan kebutaan permanen. Retina mata tidak dapat bertahan saat ibu hamil mengejan selama proses melahirkan normal. Mengetahui bahaya yang dapat disebabkan oleh gangguan mata tersebut maka sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatan mata Anda. Nah, bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan mata? Berikut tipsnya ya, Mam.

  1. Mengonsumsi makanan sumber vitamin A, C, dan E
    Vitamin , C, dan E bermanfaat menjaga mata Anda tetap sehat. Anda dapat menemukan makanan penuh vitamin tersebut dalam buah dan sayur serta ikan. Rajin mengonsumsi wortel dan ikan salmon dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata Anda, lho, Mam.
  1. Hindari gaya hidup tidak sehat
    Hindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Kebiasaan buruk tersebut dapat merusak saraf mata dan timbulnya penyakit mata seperti katarak, rabun mata, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), dll.
  1. Memakai pelindung mata
    Pakailah kacamata untuk melindungi mata dari sinar matahari, debu, ataupun sinar radiasi komputer.
  1. Istirahat cukup
    Beristirahatlah dengan tidur. Dengan begitu, mata Anda juga akan beristirahat dari lelahnya beraktivitas, seperti menonton televisi, membaca buku, bekerja dengan komputer, dll. Selain itu, biasakan untuk mengistirahatkan mata dengan memejamkan mata atau menatap jauh.
  1. Hindari kebiasaan buruk
  • jangan menggosok atau mengucek mata bila ada benda asing masuk ke mata
  • jangan menyentuh mata dengan tangan kotor
  • jangan menonton televisi dari jarak dekat dan kondisi ruangan gelap, tetapi menontonlah dengan jarak ideal (2,5-3 meter) dengan kondisi ruang terang
  • jangan membaca buku sambil berbaring dengan pencahayaan dari depan, tetapi membaca dengan posisi duduk rileks dengan pencahayaan dari belakang dan samping, atur jarak mata dengan buku sekitar 30-40 cm
  1. Lakukan pemeriksaan mata
    Lakukan pemeriksaan mata secara rutin agar terhindar dari penyakit yang menyerang mata. Konsultasikan hasil pemeriksaan mata Anda tersebut dengan dokter kandungan Anda ya, Mam, untuk menentukan jenis persalinan yang aman dan tepat bagi Anda.

Kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar dapat diusahakan dengan menjaga kesehatan mata. Tips di atas dapat membantu dalam merawat kesehatan mata Anda. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :