Ibu Hamil Dilarang Makan Sayuran Ini

Kehamilan menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi setiap perempuan. Dalam menjalani proses kehamilannya, Ibu hamil diwajibkan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya memperhatikan pola makan. Pola makan yang sehat Ibu hamil adalah dalam setiap menu makan harus memenuhi gizi lengkap dan seimbang. Keseimbangan gizi tersebut tidak dapat dikatakan lengkap dengan ketidakhadiran sayuran. Sayuran jenis bayam, sawi, brokoli, dan lainnya merupakan beberapa contoh sayuran yang baik dan aman dikonsumsi oleh Ibu hamil karena di dalamnya mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, Anda juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa jenis sayuran yang ternyata tidak baik dikonsumsi oleh Ibu hamil karena mengandung beberapa zat yang dianggap tidak aman bagi kesehatan janin. Nah, apa sajakah jenis sayuran yang dilarang untuk dikonsumsi Ibu hamil tersebut? Berikut ini jenis sayurannya ya, Mam.

  1. Pare
    Pare mengandung senyawa alkali yang berisiko menyebarkan racun dan menyebabkan sakit perut, diare, mual-muntah, gangguan penglihatan, kemerahan pada wajah, kelemahan otot, produksi air liur berlebih pada Ibu hamil. Selain itu, senyawa kina dalam pare juga dapat membahayakan kehamilan karena dapat merangsang terjadinya penyusutan rahim yang mengakibatkan bayi lahir prematur atau bahkan keguguran. Biarpun pare tidak baik bagi Ibu hamil, namun pare sangat disarankan untuk Ibu menyusui karena dapat memperlancar produksi ASI.
  1. Daun pepaya
    Pada kehamilan sangat muda, sebaiknya Anda menghindari untuk mengonsumsi daun pepaya karena mengandung enzim papain yang dapat memicu kerapuhan pada plasenta janin. Namun, pada usia kehamilan setelah 2 minggu, daun pepaya ini sangat baik Anda konsumsi, tapi jangan berlebihan karena dapat menghasilkan gas penyebab perut terasa begah dan kembung.

Selain jenis sayuran di atas, ada beberapa kategori jenis sayuran yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Berikut di antaranya:

  1. Sayuran mentah
    Lalapan memang segar untuk disantap saat makan besar. Namun, sayuran mentah berupa lalapan juga dikhawatirkan mengandung kotoran, pestisida, bakteri, kuman, ataupun virus yang masih hidup karena tidak melewati proses pemasakan. Hal ini tentu dapat membahayakan kesehatan Ibu hamil dan janin.
  1. Sayuran berpestisida
    Sekarang ini banyak sayuran yang ditanam menggunakan pestisida berbahaya. Kandungan pestisida ini tidak akan hilang dengan dicuci saja. Untuk itu, Ibu hamil sebaiknya lebih cermat dalam memilih sayuran. Sayuran organik dapat menjadi pilihan cerdas Ibu hamil dalam melindungi janinnya dari pengaruh buruk pestisida.
  1. Sayuran yang sudah busuk atau berjamur
    Meski bagian yang busuk atau berjamur sudah dibuang, sayuran ini masih tidak aman dikonsumsi oleh Ibu hamil. Jadi, tetap pilihlah sayuran yang masih segar dan utuh ya, Mam.

Sayuran memang bahan makanan penuh manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi Ibu hamil dan janin. Namun, Anda juga perlu bijak dalam memilih jenis sayuran yang akan disantap, lalu cucilah hingga bersih, dan masak hingga matang, kemudian santaplah. Niscaya sayuran memberikan manfaat yang sangat efektif bagi kesehatan Anda dan janin. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :