5 Manfaat Kol Untuk Kesehatan

 

Kol merupakan sayuran yang mudah diolah menjadi berbagai macam makanan. Seperti sup, salad, lalapan, isian bakwan, tumisan dan hidangan lainnya. Tapi tahukah Mam dibalik rasanya lezat, kol ternyata punya kandungan yang sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Inilah 5 Manfaat Kol Untuk Kesehatan!

Menyehatkan Jantung

Konsumsi kol secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menghindarkan dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung. Kanduangan kaliumnya berperan untuk membuat jantung dan perdaran darah tetap sehat. Kol juga baik untuk menjaga sistem kardiovaskuler berjalan dengan baik. Senyawa kalium pada kol juga efektif untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi gejala hipertensi. Tingginya kandungan kalium pada kol membuatnya menjadi salah satu sayuran yang disarankan untuk penderita penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kol kaya akan kandungan zat antioksidan yang tinggi. Hal ini bermanfaat sebagai agen anti inflamasi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kol juga mengandung glutamin yang bermanfaat untuk mengurangi efek berbagai jenis penyakit. Misalnya iritasi, alergi, peradangan, demam, nyeri sendi dan berbagai gangguan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat kol dapat menjadikan sistem imun tubuh lebih kuat. Sehingga Mam akan lebih terlindung dari berbagai infeksi bakteri dan virus.

Menurunkan berat badan

Mam sedang melakukan program diet? Kol adalah salah satu sayuran yang dianjurkan untuk orang-orang ingin menurunkan berat badan secara alami. Kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya dapat memenuhi kebutuhan gizi harian meskipun sedang menjalani program diet. Mam bisa memakan kol dalam jumlah banyak tanpa harus khawatir berat badan naik. Karena kol mengandung serat yang tinggi dan kalorinya rendah. Mengonsumsi kol secara rutin terbukti dapat membantu menurunkan berat badan secara sehat.

Detoksifikasi

Kandungan vitamin C nya yang tinggi membuat kol dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Sulfur dalam kol berperan dalam menghilangkan racun dan radikal bebas penyebab berbagai masalah kesehatan. Seperti penyakit kulit, arthritis, asam urat, rematik dan lainnya. Tubuh akan menjadi lebih bersih dan sehat dari berabgai zat-zat beracun bila rutin mengonsumsinya. Kol juga membantu dalam proses pembentukan sel-sel darah merah. Zat besi yang ada dalam kol membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif dan lancar sehingga Mam dapat terhindar dari gejala anemia.

Mengurangi risiko kanker

Sayuran yang masuk dalam golongan kubis-kubisan seperti kol mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga mampu memerangi sel sel kanker dan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan sel-sel tumor. Perempuan yang rutin mengkonsumsi kol dapat mengalami penurunan risiko terjadinya gejala kanker payudara. Kol juga dapat mengurangi risiko kanker prostat, kanker kandung kemih ataupun kanker paru-paru.

Kol menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kol juga kaya akan serat sehingga baik untuk sistem pencernaan bila dikonsumsi setiap hari. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, jangan lupa untuk memasukkan kol di setiap hidangan di rumah ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :