Manfaat Me Time untuk Menghindari Stres

Hampir setiap hari kita selalu disibukkan dengan berbagai macam rutinitas. Mulai dari urusan pekerjaan, rumah tangga dan hal lain. Padatnya rutinitas ini tentu banyak menguras pikiran dan tenaga kita. Apabila tidak bisa membagi waktu akan membawa dampak buruk bagi kesehatan hingga meningkatnya tingkat stres. Untuk itulah Mam perlu melakukan me timeatau meluangkan waktu khusus untuk diri sendiri. Nah, apa saja manfaat me time ini?Simak ulasannya dibawah ini!

Memulihkan Kondisi Fisik Setelah Melakukan Rutinitas

Idealnya kita bekerja menghabiskan waktu sekitar 7-8 jam di kantor. Tidak hanya itu Mam, sampai di rumahmasih ada saja pekerjaan rumah yang siap menunggu. Tak ayal jika kondisi ini membuat fisik kita menjadi letih. Mengatasi hal ini, Mam perlu meluangkan waktu 15-20 menit untuk bersantai sejenak sembari melakukan olahraga kecil-kecilan. Lakukan di pagi hari sebelum memulai rutinitas atau malam hari menjelang tidur. Mudah bukan?

Lebih Memahami Diri Sendiri

Menurut Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi melansir dari Detik.com, me time bisa memberikan dampak positif lho. Mam bisa merasakan sekaligus memahami diri sendiri menjadi lebih baik. Saat melakukan me time, cobalah dengan menarik nafas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan. Selain itu pusatkan pikiran untuk rileks, tanamkan sikap positif dan optimis dalam pikiran untuk menghadapi hari esok dengan lebih baik.

Menyegarkan Pikiran dan Mental Menjadi Lebih Segar Kembali

Sebagian dari kita mungkin menganggap stres sebagai masalah cukup serius. Bagaimana tidak Mam melansir dari News Max Health sebagaimana dikutip Detik.com, stres setidaknya dapat mengakibatkan enam efek buruk bagi tubuh yakni penyakit kanker, jantung, masalah berat badan, depresi, kerontokan rambut, dan sindrom metabolik. Mengatasi stres, Mam bisa melakukan yoga, mendengarkan musik yang Mam suka sembari saat me time.  Dengan begitu perlahan pikiran dan mental menjadi lebih segar kembali.

Siap Berinteraksi Kembali dengan Suasana Hati yang Baru

Menumpuknya pekerjaan dan rutinitas membuat suasana hati menjadi mudah berubah. Kita terkadang mudah terbawa emosi saat tekanan dan masalah mulai muncul. Menghadapinya, Mam perlu ketenangan dan manfaatkan me time untuk menyegarkan pikiran dan hati. Dengan begitu setelah melakukan me time diharapkan Mam kembali menjalani aktivitas dan siap berinteraksi dengan lingkungan dengan suasana hati yang baru. Masih ada lagi nih manfaat me time lainnya.

 

 

 

Menjaga Kestabilan Emosi Mam

Rasa kesal, emosi, serta amarah yang tertahankan adalah efek lanjutan dari stres. Apabila dibiarkan terus menerus akan berbahaya bagi kehidupan Mam. Saat me time lakukanlah hal positif dan dapat menghadirkan keceriaan. Tak lupa pula Mam untuk selalu berdoa kepada Tuhan agar hati kembali tenang dan rasa amarah hilang dalam diri kita.  Cukup mudah bukan?

 

Nah, itu dia Mam manfaat me time untuk menghindari stres. Yuk, luangkan waktu sejenak untuk membiasakan me time dalam kehidupan sehari-hari Mam agar lebih baik dan pikiran jadi lebih rileks!

 

 

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :