Menjemur Bayi untuk Mengatasi Ikterus

Beberapa bayi mengalami kuning setelah lahir, baik pada bayi cukup bulan maupun prematur. Salah satu cara penanganan bayi kuning adalah dengan menjemurnya di pagi hari.

Bayi kuning (ikterus) memang sering dialami oleh bayi baru lahir. Persentasenya, berkisar antara 50%-60% pada bayi yang lahir cukup bulan dan 75%-80% pada bayi yang lahir kurang bulan. Penyebabnya adalah organ hati bayi yang belum berfungsi secara sempurna dalam mengolah bilirubin.

Jika Anda melihat tanda-tanda, seperti semburat kekuningan pada kulit bayi dan bagian putih matanya, ini merupakan gejala bayi mengalami penyakit kuning. Segera bawa bayi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan. Karena ada penyakit kuning pada bayi yang cukup berbahaya yakni ikterus patologis dan ada pula yang tergolong ringan dan bisa membaik dengan sendirinya seiring sempurnanya fungsi hati, yakni ikterus fisiologis..

Terapi sinar matahari di pagi hari merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi bayi kuning. Beberapa tips dapat Anda lakukan dalam menjemur bayi kuning. Berikut ini kami bagikan tipsnya.

  • Lakukan dengan membelakangi sinar matahari supaya matanya tidak silau karena terpapar langsung oleh cahaya.
  • Gunakan popok dan biarkan tubuhnya telanjang supaya hangat terkena sinar matahari. Bolak-balikkan tubuhnya supaya sinar matahari dapat menjangkau bagian dada, perut, dan punggungnya.
  • Gunakan kursi sebagai tempat duduk sehingga membuat Anda nyaman saat memangku dan menjemur bayi. Bayi pun tidak akan rewel berada di pangkuan Anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Waktu paling tepat untuk menjemur bayi adalah pukul 07.00-08.00. Sinar matahari setelah pukul 08.00 pagi tidak baik untuk bayi karena mengandung sinar ultraviolet yang dapat berdampak buruk bagi kesehatannya.
  • Jangan terlalu lama saat menjemur bayi karena bisa membuatnya kepanasan. Jemur bayi dalam waktu 15-20 menit setiap pagi. Saat matahari terlalu terik, Anda dapat mengurangi waktu menjemur karena dikhawatirkan suhu tubuh bayi meningkat atau mengalami hipertermi.
  • Segera susui usai dijemur. Bayi yang usai dijemur, biasanya merasa haus sehingga jangan tunda untuk menyusuinya.

Selain menjemur bayi secara rutin di pagi hari, dengan sering memberikannya ASI dapat membantu mengatasi bayi kuning. Pada beberapa kasus, untuk menurunkan kadar bilirubin yang tinggi pada bayi dilakukan fototerapi.

Semoga bermanfaat ya, Mam.

 

 

Baca juga:

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :