5 Manfaat Susu Cokelat dengan Minuman Energi Lain

Refreshing Delicious Chocolate Milk with Real Cocoa

 

Saat tubuh merasa lelah setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat, kita cenderung minum minuman berenergi untuk memulihkan kondisi. Memang, minuman berenergi dapat memulihkan energi secara cepat. Tapi tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebagai alternatif pengganti minuman berenergi, Mam bisa konsumsi susu cokelat. Ada banyak manfaat yang bisa Mam peroleh dari susu cokelat. Berikut beberapa manfaatnya.

Kaya Kandungan Nutrisi untuk Memulihkan Kondisi Tubuh

Sehabis berolahraga tentu tubuh Mam menjadi lemas karena banyaknya energi yang terkuras. Susu cokelat adalah minuman tepat untuk memulihkan kondisi tubuh kembali bugar. Karena dalam susu cokelat terkandung karbohidrat dan protein. Menurut Kelly Prichet dari Departemen Makanan dan Nutrisi University of Georgia menyebutkan jika pada 250 mililiter susu cokelat mengandung 30-35 karbohidrat dibanding 12 gram pada susu biasa.

Campuran karbohidrat dan protein inilah yang berfungsi sebagai penghasil glikogen untuk ‘bahan bakar’ bagi tubuh Mam. Jadi, Mam tidak perlu khawatir lagi untuk beraktivitas setelah berolahraga ya!

Membantu Pertumbuhan Otot Mam

Selain sebagai ‘bahan bakar’ untuk tubuh, protein dalam susu cokelat terbukti membantu pertumbuhan otot Mam. Kandungan protein mudah diserap oleh tubuh difungsikan sebagai zat penting untuk pertumbuhan otot. Sedangkan protein yang lambat diserap berfungsi menjaga asam amino di peredaran darah untuk mengurangi kerusakan otot. Untuk mendapatkan hasil pertumbuhan otot optimal, sebaiknya Mam meminum susu cokelat setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya. Saran para peniliti dari Kean University in Union, New Jersey, Amerika Serikat.

Rendah Lemak

Bagi Mam yang sedang melakukan diet sehat, ada baiknya untuk mengkonsumsi susu cokelat. Susu cokelat rendah lemak mengandung vitamin D yang membantu saluran pencernaan untuk penyerapan kalsium. Sehingga dapat membantu proses pembuangan lemak dalam tubuh. Sebuah penelitian di Nebraska, Amerika Serikat menyebutkan bahwa sekitar tiga gelas susu dapat menghilangkan setidaknya 18 pon timbunan lemak lho Mam. Kandungan mikro dan makronutrien mampu membuang lemak dan menyalurkan nutrisi baik pada otot.

Sebagai Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Cairan tubuh cepat sekali menurun ketika kita berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya. Apabila tidak segera terpenuhi, maka tubuh akan menjadi lemas karena kekurangan cairan dan dehidrasi. Untuk menggantikan cairan tubuh tersebut biasanya kita mengkonsumsi minuman isotonik. Tapi Mam, tidak ada salahnya minum susu cokelat untuk menggantikan cairan tubuh.

 

Dalam buku yang ditulis oleh Nancy Clark berjudul ‘Nancy Clark’s Sports Nutrition Guidebook’, susu cokelat mengandung kombinasi karbohidrat, protein, sodium dan antioksidan. Kandungan sodium dapat membantu proses hidrasi pada tubuh menjadi lebih optimal.

 

Meningkatkan Daya Ingat

 

Berikutnya susu cokelat tak hanya bermanfaat bagi tubuh saja Mam. Tetapi juga membantu meningkatkan daya ingat otak. Seperti disebutkan diatas, susu cokelat memiliki kandungan protein, mineral dan nutrisi tinggi lainnya. Nutrisi ini berkontribusi besar dalam menunjang perkembangan sel otak. Sehingga penurunan fungsi otak dapat dicegah sedini mungkin.

 

Itulah Mam lima manfaat susu cokelat dengan minuman energi lainnya. Agar mendapatkan hasil optimal jangan lupa pula Mam penuhi asupan gizi dengan makan makanan sehat selain minum susu ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :