Camilan Bergizi Untuk Anak Down Syndrome

nogosari

Memiliki anak dengan kelainan genetik tentulah membutuhkan perhatian lebih, sebab mereka adalah anak anak yang istimewa dan  kita harus memberikan perlakuan yang istimewa pula untuknya.  Kesabaran, perhatian dan kasih sayang akan sangat membantu tumbuh kembangnya pun begitu dengan makanan yang kita sajikan untuknya.

Beberapa ahli mengatakan bahwa untuk memberikan makanan bagi anak down syndrome sebenarnya tidaklah terlalu sulit, karena mereka bisa mengkonsumsi bahan makanan apapun yang mengandung zat gizi makro maupun mikro, hanya saja sebaikanya dihindari memberikan makanan yang menggunakan bahan yang mengandung gluten, susu sapi dan MSG.

Nogosari termasuk salah satu makanan yang tidak mengandung gluten karena terbuat dari tepung beras.  Kandungan lemak nabati dari santan dan vitamin dari pisang melengkapi zat gizi makanan ini sebagai selingan di pagi hari untuk anak yang spesial ini. Bagi anda yang memiliki anak dengan kelainan genetik tersebut dan ingin membuatkan camilan, anda bisa mencoba resep nogosari di bawah ini.  Sesuatu yang dibuat dari dapur cinta anda akan terjaga kebersihan dan keamanannya.

Nogosari
Write a review
Print
Bahan
  1. 250 gr tepung beras
  2. 300 ml santan kental
  3. 200 ml santan encer
  4. 100 gr gula
  5. 1 lembar daun pandan
  6. 3 buah pisang tanduk (potong serong)
  7. ½ sdt garam
  8. Daun pisang untuk membungkus
Cara membuat
  1. Larutkan tepung beras dengan santan kental, gula dan garam
  2. Masukkan 2 lembar daun pandan wangi ke dalam tepung
  3. Rebus larutan di atas kompor sambil diaduk aduk hingga mendidih
  4. Tambahkan santan cair lalu aduk terus hingga tepung mengental dan berubah warna menjadi putih matang. Angkat dan biarkan hangat
  5. Ambil selembar daun pisang, lalu letakkan dua sendok makan adonan nagasari.
  6. Isi tengahnya dengan satu iris pisang tanduk kemudian tutup dengan daun pisang
  7. Lipat ujung-ujungnya kebawah.
  8. Panaskan panci pengukus berisi air hingga mendidih
  9. Masukkan nagasari ke dalam panci lalu kukus hingga matang
Notes
  1. Sajikan nagasari sebagai camilan pagi hari buah hati anda. Mudah bukan?
IbudanMama https://ibudanmama.com/

Sri Rahayu, SP. Lahir di Jakarta 37 tahun silam. Menyelesaikan studi di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Wanita. Seorang ibu rumah tangga dengan dua putra yang memiliki hobi menulis, baca komik, memasak, dan travelling sambil berwisata kuliner. Karya tulisnya telah diterbitkan oleh beberapa penerbit dan beredar di toko-toko buku di Indonesia, di antaranya Resep Sambal Paling Laris (Dunia Krreasi), Nasi Goreng Paling Indonesia (padi), Cara Buat Sushi Paling Enak A la Jepang (Ajar Masak), Budidaya Lele di Lahan Sempit Modal Kecil Untung Besar (infra Hijau) dan Kumpulan Kisah Inspiratif Saat Terakhir (QIBLA).

Related Posts

Comments :