Salad Buah, Resep Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil

salad buah

Kehamilan dalam sebuah pernikahan adalah masa-masa yang dinanti oleh setiap pasangan.  Artinya kehadiran buah hati pelengkap cinta mereka akan segera terwujud.  Dalam masa-masa kehamilan, calon ibu membutuhkan asupan gizi berlebih untuk menunjang tumbuh kembangnya janin.  Camilan sehat untuk ibu hamil mutlak harus diperhatikan. Konsumsi bahan makanan berzat besi biasanya meningkat.

Kandungan zat besi yang tinggi dalam tubuh diiringi semakin membesarnya massa perut membuat ibu hamil cenderung mengalami sembelit yang menyebabkan rasa tidak nyaman.  Terutama bagi ibu hamil yang memiliki kecenderungan ambeiyen.  Sembelit yang terlalu sering tentulah akan merangsang kambuhnya penyakit ambeiyen yang diderita oleh ibu hamil.  Namun tak perlu resah, karena kondisi ini bisa diatasi dengan meningkatkan konsumsi sayur dan buah.  Tujuannya agar serat yang terdapat dalam sayuran dan buah akan memudahkan proses pencernaan makanan dalam usus dan ibu hamil terhindar dari sembelit.

Sayur dan buah-buahan dapat disajikan sebagai menu utama maupun sebagai camilan ringan salah satunya adalah salad buah.  Salad buah merupakan menu adopsi dari luar negeri yang komposisinya terdiri dari berbagai aneka buah-buahan segar dengan dressing saus mayones.  Bahan-bahannya bisa disesuaikan dengan buah-buahan yang ada rumah.  Namun anda bisa juga mencoba campuran buah dan sayur yang satu ini.

Bahan:

  • 1 buah Apel
  • 2 potong melon
  • 1 buah pear
  • 250 gr buah anggur
  • 1 bonggol lettuce
  • 4 sdm mayones
  • 2 sdm SKM

Cara membuat:

  1. Cuci semua buah dan sayuran hingga bersih di air mengalir.  Untuk buah-buahan impor sebaiknya dicuci dengan air hangat untuk menghilangkan lapisan lilin yang menempel
  2. Buang bagian bonggol lettuce.  Kemudian rajang kasar daun lettuce
  3. Potong buah-buahan sesuai selera
  4. Campur mayones dan susu SKM hingga merata.
  5. Tuangkan campuran mayones dan susu ke dalam buah dan sayuran potong tadi.  Aduk-aduk hingga semua potongan buah dan lettuce terbalut mayones
  6. Sajikan dengan taburan keju parut bila suka

Salad buah yang lezat siap menjadi camilan sehat untuk ibu hamil.

Sri Rahayu, SP. Lahir di Jakarta 37 tahun silam. Menyelesaikan studi di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Wanita. Seorang ibu rumah tangga dengan dua putra yang memiliki hobi menulis, baca komik, memasak, dan travelling sambil berwisata kuliner. Karya tulisnya telah diterbitkan oleh beberapa penerbit dan beredar di toko-toko buku di Indonesia, di antaranya Resep Sambal Paling Laris (Dunia Krreasi), Nasi Goreng Paling Indonesia (padi), Cara Buat Sushi Paling Enak A la Jepang (Ajar Masak), Budidaya Lele di Lahan Sempit Modal Kecil Untung Besar (infra Hijau) dan Kumpulan Kisah Inspiratif Saat Terakhir (QIBLA).

Related Posts

Comments :