Indonesia Cinta Sehat

Hari Kesehatan Nasional yang bertemakan Indonesia Cinta Sehat menjadi bukti keseriusan Kementerian Kesehatan terhadap tingkat kesehatan masyarakat Indonesia.

Tema Hari Kesehatan Nasional 2012 adalah Indonesia Cinta Sehat dengan subtema Ibu Selamat Anak Sehat. Tema tersebut adalah sasaran prioritas pembangunan kesehatan. Indikator meningkatnya kesehatan masyarakat ditandai antara lain dengan menurunnya angka kematian bayi (AKB), menurunnya angka kematian ibu (AKI), menurunnya prevalensi gizi kurang dan gizi buruk serta meningkatnya umur harapan hidup (UHH).

Menurut Asteria Taruliasi Aritonang Campaign Director World Vision mitra Wahana Visi Indonesia dalam acara konferensi pers menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2012 jumat (9/11/12) di Jakarta , 6 penyebab kematian anak tertinggi adalah komplikasi kelahiran prematur, pneumonia, infeksi bayi baru lahir, diare, komplikasi saat persalinan, serta malaria. Dengan upaya sederhana seperti inisiasi menyusu dini (IMD), pemberian ASI eksklusif dan makanan pendamping ASI (MPASI) yang tepat saja sudah bisa menurunkan sampai dua persen.

Angka kematian pada anak dapat kita cegah bersama-sama dengan memberikan informasi kepada masyarakat bersama-sama. Bukan hanya tanggung jawab dari Pemerintah atau NGO (Non Government Organisation) tetapi tugas kita bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia Sehat. Upaya pencegahan kematian pada anak lainnya antara lain pemberian imunisasi, sanitasi, ketersediaan oralit, hingga penggunaan kelambu di daerah endemik malaria. Yang dapat kita lakukan adalah menyampaikan informasi kesehatan kepada para para ibu dan ayah yang memiliki bayi balita yang berada dilingkungan tempat kita bekerja, lingkungan tempat tinggal.

Kegiatan yang dilakukan pada Hari Kesehatan Nasional sangat beragam di antaranya, funbike, senam jantung, dan pameran media informasi. Kegiatan Hari kesehatan Nasional 2012 terselenggara berkat kerjasama antara Wahana Visi Indonesia Mitra World Vision Indonesia dengan Kementrian Kesehatan.

Sebelum menjadi Feature writer, saya bekerja di World Vision Indonesia dan ditempatkan di Nusa Tenggara Timur. Saya menikmati bekerja bersama dengan masyarakat terutama yang fokus di bidang kesehatan Ibu dan anak. Saya juga menyukai traveling ke daerah pendalaman. Passion saya ingin membantu mewujudkan perempuan Indonesia yang sehat dan cerdas.

Related Posts

Comments :