5 Kebiasaan Saat Hamil yang Bisa Membuat Anak Pintar

Sebagai ibu hamil, kebiasaan sehari-hari yang Mam lakukan dapat memberikan dampak terhadap perkembangan janin. Untuk membantu tumbuh kembang otak Si Kecil, Mam bisa melakukannya sejak ia masih dalam kandungan. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini enam kebiasaan baik yang harus Mam lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak Si Kecil.

Konsumsi Makanan Bergizi

Ini hal pertama yang wajib ya, Mam! Apa yang Mam konsumsi sangat mempengaruhi kondisi Si Kecil yang ada di dalam sana. Hindari mengonsumsi alkohol dan sebaliknya, perbanyak konsumsi sayur dan buah yang segar. Buah dan sayur segar yang kaya nutrisi akan membuat janin tumbuh dengan sehat. Jika Mam suka makanan pedas, lebih baik kurangi juga mulai dari sekarang.

Budayakan Membaca

Membaca dapat memperbaiki mood Mam, tetapi tentu saja pilih bahan bacaan yang menarik, bukan yang justru membuat Mam stres karena harus banyak berpikir. Lakukan kebiasaan membaca ini pada saat me time di siang hari sambil menikmati jus buah. Pastikan Mam membaca tempat yang tenang dan tidak bising. Jika masih kurang, tambah porsi membaca di malam hari sebelum tidur. Pada saat Mam membaca, tubuh mengeluarkan hormon yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil.

Memperdengarkan Musik

Pada saat kehamilan menginjak usia tertentu, perkembangan panca indera Si Kecil memungkinkannya untuk bisa menerima rangsangan dari luar, termasuk rangsangan suara. Manfaatkan hal ini untuk memperdengarkan musik ke janin. Mendengarkan musik dengan irama yang pelan tak hanya membuat Mam rileks, tetapi juga Si Kecil. Selain mengurangi tingkat stres, mendengarkan musik juga bisa membangun suasana yang nyaman antara Mam dengan Si Kecil.

Mengelus Perut

Mengelus perut adalah kebiasaan yang sangat umum dilakukan oleh ibu hamil dan ini adalah cara terbaik untuk melakukan kontak dengan janin.  Rangsangan yang paling awal berkembang pada janin adalah rangsangan sentuhan. Perlu Mam ketahui, mengelus perut ketika hamil dapat menguatkan ikatan antara Mam dengan Si Kecil. Dengan mengelus perut dari bawah ke atas,  saraf pada janin bisa menjadi lebih rileks dan tenang.

Penuhi Asupan Vitamin D

Kita semua tahu bahwa sumber vitamin D terbesar adalah sinar matahari pagi. Vitamin D sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, sehingga Mam perlu memberikannya juga untuk Si Kecil. Setiap pagi berjalan-jalanlah keliling kompleks perumahan untuk mendapatkan asupan vitamin D bagi Si Kecil. Selain bisa mendapatkan radiasi sinar mentari pagi yang menghangatkan, Mam juga bisa menghirup udara pagi yang segar sehingga pikiran akan semakin tenang.

Apapun kebiasaan yang kita lakukan di waktu hamil, pasti akan memberikan pengaruh untuk Si Kecil kelak. Tak hanya perkembangan fisik tetapi juga emosi Si Kecil dan kecerdasannya. Jadi, untuk mendukung perkembangan otak janin, pastikan gaya hidup yang Mam lakukan di waktu hamil adalah gaya hidup yang baik dan sehat, ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :