Buah-Buahan yang Membantu Mam Meningkatkan Kesuburan

Mam baru saja menikah dan menantikan kehadiran Si Kecil? Atau berpikir untuk memberikan Si Kecil adik? Jika iya, terapkanlah pola makan yang benar dan konsumsi buah-buahan tertentu. Sekalipun terdengar sederhana, cara tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kesuburan lho. Cynthia Stadd, seorang spesialis nutrisi di Berkley Center di bagian Reproductive Wellness, New York City, dalam situs web Baby Center menjelaskan bahwa apa yang Anda makan akan mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, mulai dari darah, sel, hingga hormon.

Meningkatkan kesuburan hanya dengan mengatur pola makan dan mengonsumsi jenis makanan tertentu memang terdengar seperti cerita orang tua jaman dahulu, bukan nasehat medis profesional. Mam mungkin saja lebih memercayai tes diagnostik, pengobatan medis, atau prosedur-prosedur lain yang menggunakan teknologi tinggi untuk meningkatkan kesuburan Mam. Tetapi nyatanya, sudah banyak hasil studi yang menerangkan efektifitas makanan terhadap meningkatnya kesuburan seseorang. Masih tidak percaya? Yuk coba buktikan! Berikut beberapa contoh makanan, khususnya buah-buahan, yang bisa meningkatkan kesuburan:

  1. Jambu biji

Buah tropis yang berasal dari Brasil ini biasa juga disebut dengan jambu klutuk karena akan terdengar suara serupa jika Mam memakannya. Sejak lama jambu biji dipercaya dapat menjaga kesehatan, daging buah yang bewarna merah menunjukkan bahwa jambu biji kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan antioksidan. Jambu biji juga banyak mengandung asam askorbat dan vitamin C.

Untuk meningkatkan kesuburan, jambu biji mengandung zak aktif seperti likopen alami. Zat inilah yang dibutuhkan oleh tubuh wanita untuk meningkatkan kesuburan.

  1. Semangka

Mengonsumsi semangka di hari yang panas terik dipastikan memberikan kesegaran ekstra, tentu saja karena 90% semangka mengandung air. Tidak hanya kaya akan air, semangka juga kaya akan mineral, karbohidrat, protein, serat, dan berbagai vitamin. Untuk Mam ingin meningkatkan kesuburan akibat kehilangan gairan berhubungan seksual dengan suami, Mam bisa mengonsumsi semangka secara teratur. Sitrulin di dalam semangka dipercaya dapat meningkatkan libido. Warna merah pada semangka menandakan tingginya kadar likopen, sebuah komponen yang juga berkaitan dengan kesuburan seseorang.

Dikutip dari situs web Kompas, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale di Amerika Serikat menunjukkan bahwa pemberian likopen sebanyak 20mg dua kali sehari selama 3 bulan bisa meningkatkan jumlah sperma, perbaikan struktur sperma, dan peningkatan pergerakan sperma.

  1. Stroberi

Stroberi, atau biasa dikenal juga dengan nama arbei, adalah salah satu buah mungil nan cantik yang bisa Mam jumpai dengan mudah. Stroberi adalah sumber vitamin C yang bisa membantu tubuh Anda menyerap zat besi, sebuah mineral penting yang dibutuhkan wanita yang ingin hamil, dengan lebih mudah, serta meningkatkan jumlah sperma dan libido. Stroberi juga dilengkapi dengan vitamin B5, B6, asam mangan, kalium, dan magnesium yang baik untuk pembuluh darah dan sirkulasi untuk fungsi seksual.

  1. Pisang

Pisang juga salah satu buah terpopuler di Indonesia. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuatnya digemari oleh seluruh kalangan, dari yang masih kecil hingga berusia lanjut. Namun khusus untuk Mam yang ingin hamil dan sedang menjalankan program untuk meningkatkan kesuburan, mengonsumsi pisang adalah pilihan yang sangat tepat. Pisang mengandung banyak mangnesium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serta protein yang sangat dibutuhkan pria untuk meningkatkan dan merangsang produksi air mani.

Sebenarnya selain buah-buahan, Mam juga bisa mengonsumsi makanan seperti susu, keju, yogurt, daging ayam telur, dan sayuran berdaun hijau untuk meningkatkan kesuburan. Yuk coba sesuatu yang alami terlebih dahulu sebelum zat kimia dalam obat-obatan, Mam!

 

Baca juga:

Cara Mengatasi Kegelisahan Saat Naik Pesawat

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :