Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Mam dan Papa harus tahu, bahwa seorang wanita itu tidak selamanya subur. Banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita. Yang paling terlihat adalah usia. Usia yang paling maksimal dalam mencapai tingkat kesuburan adalah usia 20-30 tahun. Itulah mengapa banyak wanita yang ingin cepat menikah ketika berada di umur 20-30 tahun.

Tetapi faktor yang mempengaruhi tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kesuburan wanita. Apa saja?

Kegemukan atau obesitas

Kenaikan berat bedan yang cukup signifikan bisa mempengaruhi kesuburan wanita Mam. Penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengalami kegemukan atau obesitas di usia diatas 18 tahun lebih mungkin dapat mengembangkan sindrom ovarium polikistik dan memiliki masalah infertilitas.

Dan terlalu kurus

Studi yang dilakukan Universitas Harvard mengatakan bahwa ketika wanita kekurangan berat badan, maka akan sangat rentan untuk kekurangan hormon leptin. Hormon leptin ini adalah hormon yang mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang. Dan ketika kadar hormon leptin ini berkurang dapat juga mempengaruhi periode menstruasi.

Keputihan

Tentu keputihan adalah penyakit yang sangat ditakuti hampir semua wanita. Apalagi ketika keputihan ini dibiarkan atau malah mengakibatkan infeksi. Ketika keputihan berlanjut, kesuburan wanita akan berkurang.

Merokok

Mam tahu tidak, sekitar 13 persen kasus infertilitas atau ketidaksuburan wanita dipengaruhi oleh asap rokok. Ketika asap rokok terlalu banyak di hirup oleh wanita, maka akan mengganggu homon dan kerusakan DNA pada pria maupun wanita.

Alkohol

Minum minuman keras atau alkohol akan sangat berdampak buruk bagi wanita. Apalagi ketika wanita tersebut kecanduan alkohol, besar kemungkinan terkena infertilitas wanita akan besar. Dokter memperingatkan tentang bahaya minum alkohol segelas sehari akan meningkatkan risiko gangguan ovulasi.

Mam dan Papa harus saling menjaga dan mengingatkan agar kesuburan Mam tetap terjaga. Setelah kesuburan terjaga, kondisi janin Si Kecil bisa sehat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :