Keunggulan Bidan untuk Menangani Kelahiran Si Kecil

Wah, sudah tinggal beberapa bulan lagi hingga Si Kecil lahir. Sudahkah Mam menentukan persalinan untuk membantu kelahirannya? Mau melalui jasa dokter atau bidan, Mam? Mayoritas calon ibu mungkin akan lebih memilih dokter, namun sebenarnya bidan memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri dalam menangani kelahiran Si Kecil. 

Lebih Fokus Menangani Pasien

Umumnya, bidan memiliki jumlah pasien yang lebih sedikit daripada dokter sehingga mampu lebih fokus pada pasien yang ditanganinya ketika itu. Karenanya, bidan tidak akan terkesan “buru-buru” ketika menangani setiap persalinan yang dilakukannya. Bidan bahkan akan menemani dan mendampingi Mam sejak awal datang hingga selesai lahiran. Sedangkan, dokter biasanya baru akan datang ketika Mam telah mengalami bukaan lengkap.

Memberi Perlakuan Khusus

Karena memiliki tingkat fokus yang lebih tinggi, bidan jadi lebih leluasa untuk memberikan perlakuan yang mungkin tidak akan Mam dapatkan dari dokter. Bidan akan memberi perhatian yang lebih kepada Mam, salah satunya adalah dengan membantu proses bukaan berjalan lebih cepat. Bidan mampu membantu Mam untuk mengurangi rasa nyeri melalui metode-metode yang diketahuinya. Intinya, seorang bidan lebih memiliki karakter yang motherly.

Mengusahakan Lahiran Secara Normal

Mayoritas calon ibu pasti ingin memiliki metode persalinan secara normal. Bidan akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan keinginan Mam tersebut. Beberapa orang mengatakan bahwa hal tersebut sah-sah saja dilakukan apabila kondisi kandungan Mam tidak terhalang kondisi tertentu. Nyatanya, ada beberapa ibu yang berhasil melahirkan secara normal melalui bidan meskipun saat itu telah pecah ketuban dan Si Kecil sempat terlilit oleh tali pusar.

Biaya Lebih terjangkau

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa biaya persalinan tiap tahun sepertinya selalu mengalami peningkatan, apalagi untuk jasa dokter. Apabila memilih untuk melahirkan melalui bidan, Mam dapat menghemat banyak biaya. Jumlah yang dikeluarkan bahkan bisa mencapai 1/8 dari biaya persalinan melalui dokter. Mam bisa menyimpan uang tersebut untuk keperluan Si Kecil, apalagi bayi yang baru lahir memang membutuhkan banyak biaya.

 

Mau melalui dokter atau bidan, keduanya sama-sama baik dan keputusan tergantung pada diri Mam. Namun, apabila tertarik untuk melahirkan Si Kecil melalui bidan, pastikan bahwa bidan tersebut profesional dan memiliki jam terbang tinggi. Bidan juga pasti akan mengutamakan keselamatan Mam dan Si Kecil, kok.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :