6 Manfaat Latihan Jongkok untuk Persalinan Normal

Tahukan Anda bahwa aktivitas mengepel lantai dengan tangan sangat bermanfaat bagi ibu hamil sebagai persiapan persalinan normal? Bahkan, hal ini sudah sering disarankan oleh orang tua kita, bukan? Tentu, ternyata saran ini diakui kebenarannya, lho, Mam, bukan mitos. Aktivitas mengepel lantai yang didominasi sikap tubuh jongkok ini memiliki manfaat yang luar biasa dan sama dengan olahraga ringan, seperti berenang dan jalan santai. Sebagai jenis aktivitas yang bermanfaat bagi kelancaran proses persalinan normal maka sebaiknya aktivitas ini dilakukan saat usia kehamilan trimester ketiga, yaitu saat usia 34 minggu karena saat itu kondisi janin sudah siap turun ke jalan lahir. Nah, ingin tahu apa saja manfaat jongkok bagi ibu hamil sebagai persiapan jelang persalinan normal? Berikut ini ya, Mam, ulasannya.

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh
    Aktivitas mengepel lantai dengan sikap tubuh jongkok bisa dianggap sebagai olahraga ringan maka aktivitas jongkok ini efektif membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Kondisi tubuh yang fit sangat dibutuhkan selama proses persalinan. Hal ini tentu menunjang kelancaran proses persalinan normal.
  1. Melatih otot dasar panggul dan diafragma
    Posisi jongkok dapat melatih otot dasar panggul dan diafragma. Hal ini ditunjukkan dengan dinding perut dan diafragma menekan fundus sehingga memastikan panggul lebar.
  1. Mengurangi rasa sakit dan hambatan persalinan
    Posisi jongkok dapat mengurangi kendala dan rasa sakit selama proses persalinan. Dengan demikian, posisi jongkok dapat dikatakan sebagai posisi yang paling tepat dan alami untuk proses persalinan.
  1. Memperkuat otot paha dan perut
    Otot paha dan perut yang kuat dapat membantu posisi bayi mendekati jalan lahir dan mendorong bayi untuk keluar secara alami saat lahir sehingga bermanfaat memperlancar proses persalinan normal.
  1. Meningkatkan elastisitas jalan lahir
    Latihan jongkok bermanfaat meningkatkan elastisitas jalan lahir terbuka lebih lebar. Dengan begitu, kemungkinan melahirkan dengan normal tanpa alat bantu akan semakin besar.
  1. Mengubah posisi bayi sungsang
    Bagi ibu hamil yang mengalami kehamilan sungsang, aktivitas mengepel dalam posisi jongkok ternyata juga berpengaruh positif lho, Mam. Namun, ibu hamil dengan kondisi ini disarankan untuk mengepel dengan posisi menungging dalam posisi lutut lebih rendah dari pantat, lutut, dan telapak tangan menempel di permukaan lantai. Karena itu, bagi Anda yang memiliki bayi sungsang tidak perlu khawatir karena masih bisa melahirkan normal asal rajin melakukan latihan ini.

Setelah mengetahui manfaat jongkok di atas, sangat penting Anda juga mengetahui posisi mengepel lantai yang benar, seperti berikut ini.

  • Atur tubuh dalam posisi menungging dengan posisi kedua kaki ditekuk, tangan dalam posisi tegak lurus, telapak tangan dan lutus menempel di permukaan lantai.
  • Angkat pinggang dan panggul ke arah atas, tundukkan kepala, tahan posisi seperti ini sambil menghitung hingga hitungan ke delapan.
  • Angkat kepala dan gerakkan kain pel dengan tangan saat mengepel lantai.

Sangat bermanfaat kan aktivitas mengepel dengan jongkok maka bagi Anda yang menginginkan persalinan normal, sangat disarankan untuk rajin melakukan aktivitas mengepel lantai dengan tangan dalam posisi jongkok ini. Namun, sebelum melakukan latihan jongkok ini, Anda sebaiknya memeriksakan kondisi kehamilan Anda ke dokter. Jika dokter telah menyatakan bahwa kehamilan Anda sehat dan bisa melahirkan normal maka rajin-rajinlah melakukan aktivitas mengepel lantai dengan posisi jongkok ini. Dengan rajin mengepel lantai, rumah menjadi bersih, persalinan normal pun akan lancar, Mam. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :