Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Salah satu masalah yang kerap ditemui wanita hamil adalah susah tidur. Seiring dengan membesarnya ukuran janin, semakin susah pula mereka untuk tidur secara nyaman. Apakah Mam juga merasakan hal yang sama? Hal tersebut memang wajar terjadi, tapi lama-lama bisa cukup mengganggu juga ya, Mam? Mungkin Mam perlu menerapkan tips-tips mengatasi susah tidur saat hamil berikut ini.

Perhatikan Posisi Tidur

Sudah berulang kali berguling ke kanan dan kiri, tapi tetap saja kedua mata sulit terpejam. Mam, cobalah untuk tidur dalam posisi miring dengan menekuk lutut. Sesuaikan posisi tersebut hingga Mam benar-benar merasa nyaman. Bagi yang usia kehamilannya sudah cukup tua dan Mam mengalami rasa panas pada bagian dada, cobalah tidur dengan posisi setengah duduk dan menyandarkan punggung pada tumpukan bantal.

Menggunakan Kantung Air Hangat

Susah tidur saat hamil juga biasanya disebabkan oleh rasa kram. Untuk mengatasinya, Mam bisa mencoba menuangkan air hangat ke dalam kantung lalu menempelkannya pada bagian tubuh yang terasa kram. Pastikan suhu airnya tidak terlalu panas, ya. Jika rasa kram telah hilang, segera pindahlan kantung tersebut. Jangan membiarkan kantung air hangat terus menempel hingga Mam ketiduran. Bisa-bisa nanti kantungnya bocor dan membasahi tempat tidur.

Melakukan Teknik Relaksasi

Saat hamil, hormon wanita akan mengalami perubahan yang tidak stabil. Akibatnya, pikiran pun rentan terkena stres hingga berpengaruh pada kualitas tidur. Sesekali, coba lakukan relaksasi di rumah deh, Mam. Praktikkan saja teknik-teknik yang mudah. Teknik peregangan, misalnya, mampu membantu mencegah kram. Ada pula teknik pernapasan yang bisa mengurangi ketegangan. Lengkapi dengan mandi air hangat sebelum tidur, Mam pasti bisa lebih mudah tidur.

Bergerak Secara Aktif

Beratnya beban yang harus dirasakan dalam janin membuat ibu hamil cenderung malas beraktivitas. Padahal, bergerak secara aktif bisa membantu Mam untuk mengurangi kram pada kaki, meringankan stres, mencegah kelebihan berat badan, serta menambah energi. Hal-hal tersebut tentu akan berpengaruh pada kualitas tidur Mam. Mam akan merasa lebih “lelah” sehingga bisa cepat tidur. Tapi, sesuaikan dengan kemampuan, ya. Jika perlu, Mam bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Seorang ibu hamil harus memperoleh waktu tidur yang cukup agar stamina diri dan kondisi Si Kecil dalam kandungan selalu terjaga. Mam juga bisa mengatasi susah tidur saat hamil dari dalam tubuh, yakni dengan mencukupi asupan nutrisi. Semoga setelah ini Mam bisa tidur dengan cepat dan nyenyak, ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :