5 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ penting yang berfungsi menyaring darah, membuang limbah, dan mengendalikan keseimbangan cairan tubuh. Banyak cara yang bisa Mam lakukan untuk membuat ginjal tetap bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya. Organ ini bergantung pada asupan air yang cukup. Apa saja manfaat air putih untuk kesehatan ginjal? Simak ulasannya berikut ini.

Menyeimbangkan tubuh

Air putih sangat penting untuk mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh karena setiap harinya tubuh manusia kehilangan air melalui pernapasan, keringat, dan urin. Keseimbangan elektrolit dalam tubuh dipengaruhi oleh asupan air yang kita konsumsi. Terlalu sedikit minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi dan berakibat buruk bagi ginjal. Idealnya, Mam dianjurkan minum air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Melarutkan nutrisi

Minum air putih secara teratur dengan takaran yang pas sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu ginjal bekerja dengan baik. Air putih mampu melarutkan nutrisi dan mineral yang terlarut seperti natrium, fosfor, kalium, dan lainnya. Dengan begini, sirkulasi nutrisi berlangsung lancar dan zat-zat tersebut mudah diakses organ-organ tubuh. Namun, jika Mam minum terlalu banyak air, darah akan menjadi encer dan akan sering buang air kecil.

Membuang limbah

Air putih berperan penting untuk membantu ginjal membersihkan racun dan membuang produk limbah yang tidak dibutuhkan tubuh. Proses sistem saluran urin merupakan media transportasi zat-zat yang tidak diperlukan tubuh dan membuangnya dalam bentuk urin. Mengonsumsi air putih membuat proses penyaringan racun dan pembuangan sampah urin tersebut menjadi lancar. Bila tubuh sudah memberikan sinyal haus jika Mam kekurangan cairan, maka sebaiknya segeralah minum air putih.

Mencegah penyakit ginjal

Minum air putih yang cukup akan menjaga ginjal tetap sehat serta menghindarkan ginjal dari berbagai macam penyakit seperti terbentuknya batu ginjal, gagal ginjal, dan infeksi saluran kemih. Kebiasaan kurang minum membuat kinerja ginjal menjadi lebih berat dan perlahan-lahan akan dapat merusak kesehatan ginjal. Minumlah air putih sesuai dengan banyaknya aktivitas tubuh. Semakin banyak Mam beraktivitas, maka usahakan semakin banyak minum air putih.

Menjaga kadar gula dan tekanan darah

Ginjal juga memainkan peranan penting untuk menjaga sirkulasi darah. Kekurangan cairan membuat aliran darah ke ginjal menjadi terganggu dan membuat ginjal menjadi rusak. Selain itu, minum air putih yang cukup juga mampu menjaga kadar gula dalam darah agar terhindar dari diabetes. Air putih juga dapat membantu ginjal mengatur sel-sel darah dan zat asam tubuh.

Jadi, mulai sekarang lakukan kebiasaan minum air putih secara teratur ya, Mam. Cara ini sangat mudah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan ginjal. Namun, jangan lupa untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman tidak sehat yang bisa merusak fungsi ginjal. Sehat terus, Mam!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :