5 Game Seru Membuat Anak Cinta Matematika

Matematika sering kali menjadi pelajaran yang paling ditakuti oleh anak-anak. Ikuti 5 game seru berikut ini untuk mengatasi fobia si buah hati terhadap pelajaran hitung-hitungan tersebut.

Menjelang liburan sekolah di bulan Mei mendatang tidak ada salahnya ibu dan mama mulai menyiapkan rencana hiburan apa yang akan dilakukan bersama sang buah hati. Apalagi saat-saat menyenangkan bagi anak-anak seperti ini paling asyik adalah melakukan beragam game seru. Selain mengurangi biaya, permainan bisa untuk membantu perkembangan kecerdasan otak anak. Contohnya permainan matematika yang bisa menjadikan proses belajar anak lebih mudah, cepat, dan tidak membosankan.

Matematika adalah mata pelajaran ilmu pasti yang paling sering ditakuti oleh anak-anak pada umumnya, sehingga sering memunculkan fobia matematika. Faktor penyebabnya adalah rasa takut untuk tidak bisa mencapai tingkatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, baiknya orang tua menciptakan cara inovatif untuk mengatasi ketakutan anak akan mata pelajaran ini sejak dini. Berikut 5 (lima) permainan seru yang bisa ibu dan mama lakukan bersama sang buah hati untuk mengatasi fobia matematika pada anak:

Permainan Bentuk Gambar

Ibu dan mama bisa menggunakan gambar-gambar yang ada di buku untuk memuat sebuah permainan matematika bersama anak-anak yang usianya lebih muda. Permainannya adalah dengan menggunakan gambar yang mempunyai bentuk jelas, misalnya kotak sepatu untuk bentuk segi empat dan bola untuk bentuk lingkaran. Setelah itu, ajaklah buah hati untuk menemukan bentuk-bentuk tersembunyi lainnya yang lebih banyak.

Perburuan Buku

Permainan seperti ini mengajarkan anak-anak mengenai cara penghitungan dan penomoran, mulai dari urutan nomor satu, dua, tiga, sampai seterusnya. Hal yang dilakukan pertama kali yaitu memberikan sebuah buku untuk masing-masing anak. Tapi, akan lebih baik jika masing-masing anak mendapatkan buku dengan judul dan edisi yang sama. Caranya adalah anak-anak membacakan jawaban berupa kalimat yang terdiri dari satu atau dua buah kalimat sesuai pertanyaan yang diajukan. Yang paling pertama bisa menjawabnya adalah pemenangnya.

Contoh pertanyaannya adalah: “Temukan huruf ke-7 dari paragraph ke-3 pada halaman 11 setelah halaman 101?”. Anak-anak kemudian akan mencari kata tersebut dan membacakan jawabannya secara langsung.

Permainan Mencari Arah

Permainan ini dapat dilakukan secara berkelompok. Tujuannya adalah menunjukkan pada anak-anak bahwa permainan matematika tidak harus dilakukan dengan hanya duduk di meja. Permainan dilaksanakan di luar ruangan, seperti halaman luar rumah dengan menggunakan keset kaki. Setiap grup terdiri dari dua anak yang berpasangan. Salah satu anak dari setiap grup akan menggunakan penutup mata, sedangkan yang lainnya memberikan petunjuk arah untuk pasangannya.

Aturannya adalah anak yang bertugas memberikan petunjuk arah hanya boleh menggunakan angka-angka sebagai petunjuknya dengan menggunakan satuan hitungan seperti berapa langkah kaki, kata-kata maju, mundur, ke kanan, dan ke kiri.

Permainan Papan (Board Game)

Papan memberikan beragam pilihan kreatif untuk mengajak anak bermain dengan menggunakan konsep matematika. Terdapat banyak permainan papan untuk anak-anak yang bisa diubah menjadi sarana melatih kemampuan matematika. Salah satunya adalah bermain scrabble dengan memberikan tiga kali lipat poin untuk setiap istilah matematika yang diucapkannya. Selain itu, masih ada lagi permainan papan lainnya seperti yahtzee, rubiks, dan rummikub.

Permainan Mencari Pasangan Kartu Matematika

Ide permainannya adalah dengan menulis sebuah soal matematika pada sebuah kartu indeks menggunakan notasi penghitungan, seperti tanda tambah, kurang, bagi, atau kali. Kemudian membuat soal matematika lainnya pada kartu indeks berikutnya, yang mana soal tersebut berbeda, tapi memiliki jawaban yang sama dengan soal sebelumnya.

Buatlah sekitar dua belas hingga dua puluh kartu, tapi setiap kartu memiliki pasangan jawaban yang sama dengan soal yang berbeda. Setelah itu letakkanlah kartu-kartu tersebut dengan posisi terbalik. Pada saat seorang anak membuka dan menemukan dua kartu dengan jawaban yang sama, ia dapat menyimpannya dan anak yang paling banyak mendapatkan pasangan kartu-kartu tersebut sampai akhir permainan adalah yang menjadi pemenangnya.

Terlahir dari rahim seorang ibu yang sangat luar biasa dalam membesarkan dan menjaga buah hatinya telah menginspirasi saya untuk menularkan semangat hebat sosok wanita tersebut dalam bentuk tulisan yang diharapkan dapat membantu para ibu dan mama dalam merawat dan memelihara buah hati tercinta.

Related Posts

Comments :