Begini Cara Membuat Si Kecil Nyaman di Dalam Pesawat?

Perjalanan panjang bisa membosankan, apalagi bila berada di dalam pesawat. Banyak aturan dan juga keterbatasan gerak membuat si kecil bisa bosan seketika. Bagaimana cara untuk mengatasinya?

Jangan Lupa Bawakan Makanan Ringan yang Ia Sukai

Bila Mam merasa hal ini termasuk dari cara yang terlalu memanjakannya, maka Mam harus membuang pikiran tersebut. Makanan ringan di sini juga berguna untuk menghilangkan tekanan pada telinga si kecil yang bisa membuatnya tak nyaman.

Makanan ringan juga bisa menjadi pilihan yang mudah untuk membuat perhatiannya teralihkan ketika pesawat mengalami guncangan atau kondisi yang kurang nyaman. Bila Anda saja merasa tidak nyaman, apalagi si kecil bukan?

Sebaiknya Tak Melarang Si Kecil untuk Menggunakan Alat Hiburan di Dalam Pesawat

Terkadang si kecil yang menggunakan alat hiburan di dalam pesawat bisa membuat ribut. Ia cenderung tertawa terlalu keras atau teriak karena bahagia. Memang hal ini bisa membuat orang lain tak nyaman namun bukan berarti Mam harus melarangnya.

Beri pengertian padanya bahwa bila ia terlalu ribut maka orang lain akan terganggu namun biarkan ia menggunakan alat hiburan tersebut.

Mam juga bisa menonton atau bermain hiburan yang sama dengannya bila memungkinkan. Hal ini tak hanya bisa membuatnya lebih tenang, tetapi juga membangun hubungan antara Mam dengan si kecil.

Bila Perjalanan Lebih dari Dua Jam, Ajak Dia untuk Tidur

Biasakan untuk tidur bila perjalanan pesawat memakan waktu yang lama. Apalagi ketika tidur terkadang si kecil tak akan merasakan goncangan dan hal ini bisa membuatnya lebih tenang.

Mam bisa mengajaknya tidur setelah makanan disajikan atau setelah ia merasa bosan. Tetapi jangan terlalu memaksanya karena bila ia tidak nyaman maka tidur pun akan memakan waktu yang lebih lama.

Mam juga tak sebaiknya memarahi si kecil ketika ia merasa bosan. Bila Mam memarahinya hanya karena ia merasa bosan maka hal ini akan menanamkan pikiran bahwa perjalanan dengan pesawat itu tidak menyenangkan bagi si kecil. Sebaiknya Mam ajak ia untuk berbicara mengenai hal-hal yang ia sukai daripada memarahinya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :