Bagaimana Cara Membuat Spa Sendiri di Rumah?

 

Mam, kesibukkan aktivitas harian Anda sering membuat Anda stress, banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa stress serta kelelahan, salah satunya dengan spa. Biaya spa memang cukup mahal, apalagi jika Mam tidak memiliki uang sisa setelah membeli kebutuhan rumah dan keluarga Anda. Tenang saja, Anda tetap dapat memberikan perlakukan khusus pada diri Anda melalui spa di rumah, berikut langkahnya.

Pijat Relaksasi Otot

Mam, mungkin Anda sering bertanya bagaimana cara Anda memijat  tanpa adanya bantuan orang lain? Tenang saja, Mam! Anda cukup menyiapkan handuk hangat atau kompres hangat ke dalam microwave selama beberapa detik dan lalu menempatkannya pada bagian belakang tubuh, pundak, leher ataupun area manapun yang membutuhkan pijatan.

Setelah otot Anda sudah terasa hangat dan relax, Anda dapat menggunakan alat pijat pribadi seperti, rollers, bola-bola atau alat pijat lainnya yang dapat Anda temukan di setiap toko perbelanjaan. Berbaringlah di lantai dengan bola atau roller berada di bawah tubuh Anda atau di antara dinding sehingga dapat memberikan Anda pijatan yang sama seperti aslinya.

Untuk bagian leher dan pundak, Anda dapat menggunakan beberapa tetes minyak pijat pada jari Anda dan remas-remas pada bagian otot tersebut. Tutuplah mata Anda dan bayangkan bahwa ada seseorang yang memijat tubuh Anda.

Facial Kulit Cerah

Menjaga kulit wajah Anda tetap bersih dan cerah tentu membutuhkan biaya yang banyak. Namun, siapa sangka bahwa Anda dapat mendapatkan kulit wajah Anda bersih dari kotoran dan cerah dengan membuat  sendiri masker untuk kulit cerah Anda di rumah, berikut pilihannya:

  • Pepaya: Buanglah biji pada buahnya, lalu usapkan diseluruh bagian wajah dan leher Anda. Enzim pada papaya dapat membantu Anda untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh matahari dan juga membuat kulit Anda terasa halus dan lembut. Gunakan masker ini selama kira-kira 15 menit sebelum Anda membilasnya.
  • Lemon dan yogurt: Campurkan perasan satu buah lemon dengan dua sendok makan plain non-fat yogurt dan kulit Anda akan terlihat dan terasa luar biasa. Masker ini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan mengurangi belang pada kulit Anda.
  • Teh hijau : Tidak hanya baik untuk bagian dalam tubuh Anda, namun juga untuk bagian tubuh terluar Anda. Rebuslah dua buah gelas teh hijau, satu untuk Anda minum dan satu lagi untuk Anda gunakan pada wajah Anda.

Dalam penggunaannya Anda hanya perlu merendam sebuah busa atau cotton ball dan lalu ditempatkan pada wajah dan mata Anda selama relaksasi. Hal ini baik untuk Anda, sehingga tidak jadi masalah apabila Anda ingin melakukannya setiap hari untuk menenangkan diri Anda.

Perawatan dan Melembabkan Kulit Seluruh Tubuh

Tidak hanya terasa menyenangkan jika kulit wajah Anda halus dan lembut, namun perawatan seluruh tubuh juga sering ditawarkan oleh para dokter kecantikan guna mengurangi stress akibat kesibukan aktivitas Anda sehari-hari. Berikut beberapa perawatan kulit yang dapat membuat spa di rumah Anda sempurna.

  • Brown sugar dan madu: Tentu Anda dapat menambahkan bahan ini ke dalam teh hijau untuk membuatnya terasa manis, namun Anda juga dapat mengolesinya ke atas tubuh Anda untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuat sel kulit baru Anda kembali bersinar. Gunakan sebanyak satu gelas brown sugar dan madu secukupnya untuk memberikan bentuk sehingga dapat Anda oles dengan mudah.
  • Brown sugar dan grapefruit: Jika Anda ingin brown sugar Anda dapat mengelupaskan kulit mati namun ingin pula menambahkan bahan agar terasa lebih fruity, gantilah madu tersebut dengan grapefruit. Gunakan setengah buah grapefruit berwarna pink untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih bercahaya.
  • Alpukat dan bubuk kokoa: Mungkin terdengar asing, namun ketika Anda mencampurkan setengah buah alpukat dan satu sendok makan kokoa, kulit Anda akan terasa lebih nyaman.

Aromaterapi untuk Menyempurnakan Suasana Spa Anda

Jika Anda pecinta wewangian,  Anda tentu dapat menggunakannya untuk merileksasi dan menyegarkan diri Anda dengan menghabiskan beberapa waktu di dalam ruangan atau rumah yang penuh dengan wewangian favorit Anda. Anda dapat menggunakan minyak wewangian ke dalam diffuser untuk menyebarkannya di sekitar rumah Anda atau Anda juga dapat membakar  lilin aromaterapi . 

Setiap wewangian yang berbeda memiliki kemampuan yang berbeda pula, berikut beberapa contoh yang mungkin dapat membantu Anda memilih wewangian sesuai dengan fungsinya:

  • Lavender: Merileksasi dan membuat Anda mengantuk
  • Eucalyptus : Memberikan Anda energi
  • Jahe : Dapat mengurangi sakit kepala
  • Peppermint : menyegarkan Anda
  • Tea tree : Memberikan sistem imun tubuh yang baik untuk Anda

Banyak sekali jenis-jenis wewangian yang dapat dipilih, bahkan Anda bisa mencampurnya sesuai dengan selera Anda. Nikmati aromaterapi tersebut sambil berisitirahat guna mengurangi stress pada diri Anda.

Itulah beberapa perawatan spa yang dapat Anda lakukan di rumah. Lakukan rangkaian langkah ini sesering mungkin untuk menjaga kesehatan kulit Anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Bagikan pengalaman spa di rumah di kolom komentar ya, Mam! Semoga bermanfaat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :