Bahaya Pil PCC, Ini Cara yang BIsa Mam Lakukan untuk Membatasi Si Kecil Agar Tidak Sering Jajan Sembarangan

Mam, Belakangan ini santer terdengar kabar sebuah kasus penyalahgunaan obat pil PCC yang menyebabkan 1 orang meninggal dunia dan beberapa lainnya harus dibawa ke rumah sakit. Anda tentu sudah sempat mendengar tentang kabar ini,kan? Mam, kabari ini bukanlah hoax dan memang benar terjadi.

Kasus ini terjadi di wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu, menurut BNN setempat, obat yang biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan obat sakit jantung ini bila dikonsumsi secara berlebihhan bisa membuat seseorang kejang-kejang, mual, dan badan terasa sakit. Mam, dari kasus ini juga kita belajar kalau sebagai orang tua kita dituntut untuk bisa lebih berhati-hati dari apa yang dikonsumsi oleh si kecil. Yuk, batasi si kecil agar tidak sering jajan sembarangan, berikut caranya.

Mempersiapkan Bekal untuk  Si Kecil

Mam, sebagai orang tua tentu kita selalu was-was dengan apa saja yang dimakan oleh si kecil saat kita tidak berada di dekatnya. Apakah makanan yang ia makan sehat dan bersih? Mungkinkah makanan yang ia makan tidak mengandung zat berbahaya?

Nah, daripada Mam terus risau, lebih baik Anda mulai mempersiapkan bekal untuk si kecil kemana pun ia pergi. Melalui membawa bekal, Anda tidak perlu khawatir lagi soal kesehatan dan kebersihannya karena Anda sendiri yang membuatnya khusus untuk si kecil. Cara ini juga bisa membantu Anda menghemat biaya jajan untuk si kecil,Mam! Pastikan saja kalau bekal yang Anda berikan sudah cukup mengenyangkan untuk si kecil dan membuatnya tidak tergoda untuk membeli jajanan lain.

Membuat Jajanan atau Makanan Ringan Sendiri di Rumah

Mam, daripada khawatir tidak karuan ketika si kecil cenderung lebih suka jajan daripada makan camilan yang ada di rumah, cobalah untuk membuat jajanan atau makanan ringan kesukaan si kecil di rumah. Ketahui dulu apa makanan ringan atau jajanan yang paling disukai oleh si kecil, cobalah untuk mencari resepnya, dan berikan kepada si kecil. Cara ini pun ampuh untuk membuat si kecil tidak tertarik jajan dan pastinya lebih sehat.

Membiasakan si Kecil untuk Sarapan Terlebih Dahulu

Mam, Anda tentu sudah tahu betul apa saja manfaat yang bisa diberikan dari semangkuk sarapan? Nah, agar si kecil tidak jajan ketika berpergian, pastikan untuk selalu membiasakan si kecil untuk sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke sekolah atau kemana pun. Melalui sarapan terlebih dahulu bisa membuat si kecil kenyang dan tidak tergoda untuk jajan sembarangan. Anda bisa membuat menu sarapan yang variatif agar si kecil tidak mudah bosan.

Membatasi Uang Jajan si Kecil

Nah, cara terakhir ini juga sangat ampuh untuk membuat si kecil enggan jajan sembarangan,Mam! Ketika Anda mulai geram karena si kecil jajan terus, cobalah untuk membatasi uang jajan si kecil. Berikan uang secukupnya untuk jajan dan mungkin biaya transportasi bila dibutuhkan. Pembatasan uang ini juga bisa membuat si kecil sadar kalau ia tidak begitu membutuhkan jajan.

Nah, Mam, itulah beberapa cara agar si kecil tidak jajan sembarangan. Jangan lupa untuk menjadi contoh dengan tidak jajan sembarangan ya, Mam!

 

Baca juga :

Pistel

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :